Strategi Peningkatan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

Supriyati , Endang (2012) Strategi Peningkatan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Simetris, 2 (1). pp. 77-82. ISSN 2252-4983

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Published Version
Download (81kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Artikel) - Published Version
Download (89kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Metode pembelajaran berpusat pada siswa (Student-Centered Learning) memberikan ruang gerak lebih bagi mahasiswa untuk dapat berpartisipasi aktif dalam aktivitas perkuliahan di Perguruan Tinggi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Untuk mendukung penerapan Student-Centered Learning ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT) dalam berbagai macam strategi pembelajaran. Pada makalah ini disajikan penelitian peningkatan pembelajaran dengan indikator Materi Via Blog/Wordpress, Grup Diskusi di facebook, Video Tutorial, Download Jurnal Online, dan Download ebook. Dengan analisys SEM (Structural equation modeling) diperoleh ada hubungan yang nyata antara Grup Diskusi di facebook (V2) dengan Peningkatan Pemahaman, demikian hubungan nyata antara Download ebook (V5) dengan Peningkatan Pemahaman (PP). Sedangkan Video Tutorial (V3) dan Download Jurnal Online(V4) tidak terlalu perpengaruh atau tidak ada hubungan nyata dengan Peningkatan Pemahaman (PP). Sedangkan hubungan variabel mencari Materi via Blog/Wordpress dengan Peningkatan Pemahaman sangat kuat dengan nilai estimasi 1.

Tipe dokumen: Artikel
Uncontrolled Keywords: Student-Centered Learning, Structural equation modeling,
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 09 Jan 2013 02:44
Last Modified: 09 Jan 2013 02:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item View Item