Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertif Training Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa Di Ma Nu Al-Hidayah Kudus

Nida, Ratna Khoirin (2017) Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertif Training Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa Di Ma Nu Al-Hidayah Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (924kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (127kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1. Mendiskripsikan layanan konseling kelompok dengan teknik assertif untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas X MA NU AL-Hidayah 2. Diperolehnya hasil mengatasi kesulitan belajar melalui layanan konseling kelompok dengan teknik assertif training pada siswa kelas X MA NU AL-Hidayah Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Kesulitan belajar merupakan hambatan atau ganggguan yang di alami oleh peserta didik saat proses belajar berlangsung, Pada tingkat tertentu ada anak didik yang dapat mengatasi kesulitan belajarnya, tanpa harus melibatkan orang lain. Tetapi pada kasus-kasus tertentu karena anak didik belum mampu mengatasi kesulitan belajarnya, maka bantuan guru atau orang lain sangat diperlukan oleh anak didik. Untuk dapat mengatasi hambatan dalam proses belajar peserta didik dapat melalui layanan konseling kelompok dengan teknik assertif training. Konseling kelompok merupakan salah satu bentuk teknik bimbingan dan bagian terpadu dari keseluruhan program bimbingan dan konseling komprehensif yaitu bagian terpadu dari keseluruhan program pendidikan setiap sekolah sesuai denga perkembangan siswa. Dalam layanan konseling kelompok ini menggunakan teknik assertif training dengan teknik ini individu diarahkan agar dapat jujur dengan konselor untuk permasalahannya di setiap individu masing-masing. Hipotesis Penelitian ini adalah “Layanan konseling kelompok dengan teknik assertif training untuk mengatasi kesulitan belajar pada siswa di MA NU AL-Hidayah Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017”. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa MA NU AL-Hidayah Kudus, sebanyak 8 orang yang mempunyai kesulitan belajar. Selanjutnya merode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang di gunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dari siklus I ke siklus II yang setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang mengamati 10 aspek indikator mengatasi kesulitan belajar. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan dan setelah pemberian layanan tersebut memperlihatkan bahwa mengatasi kesulitan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus mendapatkan skor 36% dalam kategori kurang (K), pada siklus I memperoleh hasil rata-rata 50% dalam kategori cukup (C) dan pada siklus II memperoleh hasil rata-rata 73% dalam kategori baik (B). Kesimpulan bahwa kondisi 8 siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik assertif training, siswa mempunyai masalah kesulitan belajar. Namun setelah diberikan layanan yang dilakukan peneliti dengan 2 siklus tersebut menunjukkan adanya peningkatan. Jadi melalui layanan konseling kelompok dengan teknik assertif training kesulitan belajar siswa kelas X MA NU AL-Hidayah Kudus Tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah, untuk memberikan kebijakan kepada konselor (Guru BK) dalam melakukan bimbingan yang dapat mendukung pelaksanaan program BK di sekolahan, 2. Guru BK, diharapkan untuk menyelenggarakan kegiatan bimbingan dan konseling khususnya layanan konseling kelompok sehingga siswa dapat mengoptimalkan diri baik dalam bidang pribadi, karir, sosial, maupun belajar. 3. Bagi siswa, siswa diharapkan lebih aktif memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling disekolahan untuk membantu mereka dalam memecahkan masalah baik dalam bidang pribadi, karir, sosial, maupun belajar.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing: Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar. Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Assertif Training
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 26 Apr 2017 07:49
Last Modified: 26 Apr 2017 07:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6840

Actions (login required)

View Item View Item