Meningkatakan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Behaviour Contract Pada Siswa Viii B Smp Negeri I Mayong Jepara

Ekowati, Selamet (2017) Meningkatakan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Behaviour Contract Pada Siswa Viii B Smp Negeri I Mayong Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (916Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (189Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (289Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (522Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAb 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1099Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (215Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (170Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
                Download (105Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3836Kb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (315Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Mendiskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik behaviour contract untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Mayong Jepara Tahun Ajaran 2015/2016, 2. Diperolehnya peningkatan kemandirian belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik behaviour contract pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Mayong Jepara Tahun Ajaran 2015/2016. Kemandirian belajar adalah sikap mengarah pada kesadaran belajar sendiri dan segala segala keputusan, pertimbangan yang berhubungan dengan kegiatan belajar diusahakan sendiri bertanggungjawab sepenuhnya dalam proses belajar tersebut. Bimbingan kelompok adalah pemberian layanan yang dilakukan secara berkelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok yang didalamnya membahas suatu topik masalah yang dihadapi siswa dan saling berinteraksi memberikan pendapat dan masukan bersama-sama. Tenik Behaviour Contract adalah persetujuan antara konselor dan konseli mengenai tingkah laku yang diubah dalam bentuk kesediaan klien. Hipotesis penelitian ini adalah 1. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik behaviour contractpada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Mayong Jepara Tahun Ajaran 2015/2016, 2. Adanya Peningkatan kemandirian belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik behaviour contract pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Mayong Jepara Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Mayong Jepara sebanyak 8 siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dengan alokasi waktu setiap pertemuan 40 menit. Variabel terikat adalah rendahnya kemadirian belajar. Sedangkan variabel bebas adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik behaviour contract. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pra-siklustentang kemandirian belajar siswa kelas VIII B SMP N 1 Mayong Jeparamemperoleh skor rata- rata 17 dengan prosentase 34% masuk dalam kategori rendah. Pada siklus I memperoleh skor rata-rata 27prosentase 54% masuk dalam kategori cukup yang berarti mengalami peningkatan 10% dari pra siklus. Siklus II memperoleh skor rata-rata 37 dengan prosentase 74% masuk dalam kategori tinggi. Jadi ada peningkatan sebesar 20% dibanding siklus I. Sedangkan aktivitas peneliti dalam memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik behaviour contract pada siklus I memperoleh skor rata-rata 65 dengan prosentase 65% dalam kategori cukup. Pada siklus II mencapai skor rata-rata 84 dengan prosentase 84% dalam kategori tinggi. Jadi ada peningkatan 19% dibanding siklus I. Simpulan hasil penelitian ini adalah peningkatan kemandirian belajar siswa, siklus I dengan skor rata-rata 27 dengan prosentase 54% dalam kategori cukup, siklus II memperoleh skor rata-rata 37 dengan prosentase 74% dalam kategori tinggi. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok dengan teknik behaviour contract dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII B SMP N 1 Mayong Jepara. Ada peningkatan sebasar 20% dari siklus I. Jadi hipotesis yang berbunyi layanan bimbingan kelompok dengan teknik behaviour contract dapat meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII B SNP N 1 Mayong Jepara dapat diterima karena sesuai dengan indikator keberhasilan. Disarankan kepada : 1. Kepala Sekolah dapat memberikan sarana dan prasarana yang mendukung agar program bimbingan dan konseling dengan teknik behaviour contract dalam meningkatkan kemandirian belajar fasilitas mendukung program bimbingan dan konseling khususnya layanan bimbingan kelompok dengan teknik behaviour contract, 2. Kepada Konselor, dapat memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik behaviour contract untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa, 3. Kepada Peneliti mempraktikkan teori-teori bimbingan dan konseling khususnya bimbingan kelompok dengan teknik behaviour contract untuk meningkatkan kemandirian belajar, 4. Kepada Siswa, diharapkan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik behaviour contract siswa bisa mendapatkan manfaat yang lebih baik dalam kemandirian belajar.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Sutarti, S.E.,MM
                      Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Bimbingan Kelompok dengan Teknik Behaviour Contract
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 26 Apr 2017 15:55
                      Last Modified: 26 Apr 2017 15:55
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6844

                      Actions (login required)

                      View Item