Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Behavior Contractuntuk Mengurangi Perilakuagresif Siswa Yang Kurang Perhatian Orangtua

Sofa, Ummaya (2017) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Behavior Contractuntuk Mengurangi Perilakuagresif Siswa Yang Kurang Perhatian Orangtua. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (Hal judul)
HAL_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (884kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (182kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian: 1. Mendiskripsikan penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior contract dalam mengurangi perilaku agresif siswa yang kurang perhatian orangtua di Kelas X B MA NU Al-Hidayah Gebog Kudus tahun ajaran 2015/2016. 2. Mendiskripsikan perilaku agresif siswa yang kurang perhatian orangtua setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior contract pada siswa kelas X B di MA NU Al-Hidayah tahun ajaran 2015/2016. Perilaku agresif muncul karena kegagalan individu mendapatkan sesuatu yang diinginkanya atau keinginannya yang terhalang sehingga timbul luapan emosi yang diekspresikan dalam bentuk verbal dan non verbal, Tingkahlaku remaja yang demikian (berperilaku agresif) memang bisa disebabkan adanya tekanan yang mereka rasakan dari lingkungan terutama dalam lingkungan keluarga maka untuk menyatakan ketidak setujuannya terhadap situasi yang tidak mendukung dirinya tersebut maka perilaku agresif itu munncul. Dengan diadakanya bimbingan kelompok maka siswa dapat mengetahui bagaimana cara untuk menyelesaikan masalahnya dengan saling bertukar pikiran antara nggota satu dengan yang lainnya dan dengan didukung teknik behavior contract adalah persetujuan antara dua orang atau lebih antara (konselor dan klien) untuk mengubah perilaku tertentu pada klien. Konselor dapat memilih perilaku yang realistik dan diterima oleh ke dua belah pihak untuk mengurangi perilaku agresif tersebut. Jenis penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang diteliti adalah sebanyak Sembilan siswa kelas X B MA NU Al-Hidayah Gebog Kudus yang mempunyai perilaku agresif yang tinggi berdasarkan wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengant eknik diskriptif, karenapenelitian dilakukan dua siklus (siklus I dan siklus II)/setiap siklus terdiri tiga kali pertemuan dan setiap pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 45 Menit.Metode pengumpulan data, metode pokok yaitu observasi dan metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pra siklus dalam mengurangi perilaku agresif siswa memperoleh hasil skor (37%) dalam kategori kurang.Pada siklus I dalam mengurangi perilaku agresif siswa memperoleh hasil skor rata-rata (51%) dalam kategori cukup, hal ini mengalami peningkatan skor rata-rata (14%) dari pra siklus.Pada siklus II dalam mengurangi perilaku agresif siswa memperoleh skor rata-rata (77%) dalam kategori baik. Sehinggamelalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior contract mengalami perubahan dengan mampu mengurangi perilaku agresif siswa dari siklus I ke siklus II sebanyak (26%). Jadi dari pra siklus sampai siklus II terjadi perubahan sebesar (40%) Simpulan hasil penelitian dalam mengurangi perilaku agresif siswa pada pra siklus memperoleh hasil rata-rata (37%) dalam kategori kurang.Pada siklus I memperoleh hasil rata-rata (51%) dalam kategori cukup.Pada siklus II memperoleh hasil rata-rata (77%) dalam kategori baik.Dengan demikian layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior contract efektif dalam mengurangi perilaku agresif siswa yang kurang perhatian orangtua. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah, untuk memberikan kebijakan kepada konselor (Guru BK) dalam melakukan bimbingan yang dapat mendukung pelaksanaan program BK di sekolahan, 2. Guru pembimbing, diharapkan untuk menyelenggarakan kegiatan bimbingan dan konseling khususnya layanan bimbingan kelompok sehingga siswa dapat mengobtimalkan diri baik dalam bidang pribadi, karir, sosial maupun belajar, 3. Bagi siswa, siswa diharapkan lebih aktif memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling di sekolahan untuk membantu mereka dalam memecahkan masalah baik dalam bidang belajar, sosial, pribadi maupun karir.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing: Drs. Susilo rahardjo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perilaku Agresif Kurang Perhatian Orangtua, Layanan bimbingan Kelompok Teknik Behavior Contract.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 27 Apr 2017 05:27
Last Modified: 27 Apr 2017 05:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6848

Actions (login required)

View Item View Item