Peningkatan Sopan Santun Melalui Layananpenguasaan Konten Dengan Teknik Livemodelingpada Siswa Sd Parenggan Pati 2016/2017

Harsiwi, Tiyas Anggi (2017) Peningkatan Sopan Santun Melalui Layananpenguasaan Konten Dengan Teknik Livemodelingpada Siswa Sd Parenggan Pati 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (884Kb)
    [img] PDF (BAb 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (262Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (347Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (669Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (617Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (169Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (203Kb) | Request a copy
                [img] PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
                Download (143Kb)
                  [img] PDF (lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (398Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Tujuan Penelitian: 1. Mendeskripsikan layanan penguasaan konten dengan teknik live modeling untuk meningkatkan sopan santun pada siswa kelas V SD Parenggan Pati. 2. Memperoleh peningkatan sopan santun di sekolah melalui layanan penguasaan konten dengan teknik live modeling pada siswa kelas V SD Parenggan Pati. Sopan santun pada siswa perlu ditingkatkan karena melihat perilaku siswa di jaman sekarang ini yang memiliki sikap sopan santun yang rendah, maka sopan santun pada siswa sangat diperlukan untuk menumbuhkan rasa saling menghargai. Apalagi sopan santun pada siswa terhadap orang tua, itu adalah hal yang sangat penting untuk menghargai orang tua. Melalui layanan penguasaan konten dan teknik live modeling diharapkan dapat meningkatkan sopan santun siswa di SD Parenggan Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subyek yang diteliti adalah sebanyak lima belas siswa dari kelas V SD Parenggan Pati yang sopan santunnya rendah. Analisis data dilakukan dengan teknik live modeling karena membandingkan siswa antara kondisi awal dengan siklus I, dan antara siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian pada siklus I dalam meningkatkan sopan santun siswa pertemuan pertama memperoleh hasil skor 33% dalam ketegori kurang, sedangkan pertemuan kedua ada peningkatan sebesar 9% yaitu memperoleh hasil skor 42% dalam katergori kurang, dan pertemuan ketiga ada peningkatan sebesar 13% yaitu memperoleh hasil skor 55% dalam kategori cukup. Pada siklus II dalam meningkatkan sopan santun siswa pertemuan pertama memperoleh skor 45% dalam kategori cukup, sedangkan pertemuan kedua ada peningkatan sebesar 5% yaitu memperoleh skor 60% dalam kategori cukup, dan pertemuan ketiga ada peningkatan sebesar 7% yaitu memperoleh hasil skor 67% dalam kategori baik. Simpulan hasil penelitian dalam peningkatan sopan santun melalui layanan penguasaan konten dengan teknik live modeling pada siklus I memperoleh hasil skor rata-rata sebesar 43% dalam kategori cukup dan pada siklus II memperoleh hasil skor rata-rata sebesar 57% dalam kategori baik. Dengan demikian layanan penguasaan konten dengan teknik live modeling efektif untuk meningkatkan sopan santun siswa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah, untuk memberikan kebijakan yang mendukung pelaksanaan layanan penguasaan konten di sekolah untuk meningkatkan sopan santun siswa, 2. Guru, untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai pedoman dalam memberikan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan sopan santun siswa, 3. Siswa, dengan adanya layanan penguasaan konten diharapkan siswa dapat termotivasi untuk meningkatkan sopan santun dan berusaha untuk meningkatkan sopan santunnya di sekolah.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd,.Kons
                    Uncontrolled Keywords: Sopan Santun, Layanan Penguasaan Konten, Teknik Live Modeling.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 27 Apr 2017 12:46
                    Last Modified: 27 Apr 2017 12:46
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6849

                    Actions (login required)

                    View Item