Meningkatkan Pemahaman Kecerdasan Emosional Melalui Layanan Informasi Dengan Metode Bercerita Pada Siswa Tk Masyithoh Cengkalsewu Sukolilo Pati

Al Khikmah, Nisa (2017) Meningkatkan Pemahaman Kecerdasan Emosional Melalui Layanan Informasi Dengan Metode Bercerita Pada Siswa Tk Masyithoh Cengkalsewu Sukolilo Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (954Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (221Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (487Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (678Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1718Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (225Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (191Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (201Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to hanya untuk Staf Repositori

                  Download (5Mb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (306Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Tujuan penelitian: 1. Meningkatnya kecerdasan emosional pada anak usia dini setelah memperoleh layanan Informasi dengan metode bercerita pada anak usia dini di TK Masyithoh Desa Cengkalsewu Kec, Sukolilo Kab, Pati tahun ajaran 2016/ 2017 2. Untuk mengetahui tindakan peneliti dalam melaksanakan layanan informasi meningkatkan kecerdasan emosional pada anak usia dini di TK Masyithoh Desa Cengkalsewu Kec, Sukolilo Kab, Pati tahun ajaran 2016/ 2017. Kecerdasan emosional merupakan bagian dari kecerdasan sosial yang melibatkan kemampuan memantau perasaan dan emosi baik pada diri sendiri maupun pada orang lain, kemampuan untuk mengenali, mengolah, mengontrol emosi agar mampu merespons secara positif setiap kondisi yang merangsang munculnya emosi.Layanan informasi yaitu layanan yang membantu peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi diri, sosial, belajar, karir atau jabatan, dan pendidikan lanjutan.Metode bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak TK, metode bercerita sebagai adalah cara menyampaikan sesuatu dengan bertutur atau memberikan penerangan atau penjelasan secara lisan melalui cerita.Masih ada anak yang belum memahami kecerdasan emosional, untuk meningkatkan pemahaman kecerdasan emosional anak, dapat dilakukan dengan memberikan layanan informasi dengan metode bercerita. Hipotesis Tindakan: 1. Layanan Informasi dengan metode bercerita dapat meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa TK Masyithoh Cengkalsewu Sukolilo Pati Tahun Ajaran 2016/2017. 2. Ada peningkatan pemahaman kecerdasan emosional kecerdasan emosional melalui layanan informasi dengan metoode bercerita pada siswa kelas TK Masyithoh Cengkalsewu Sukolilo PatiTahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling (PTK BK). Penelitian dilakukan 2 Siklus (siklus I dan siklus II ) setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 35 menitdimana tiap-tiap siklus terdapat empat tahap yang dilakukan peneliti yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Subjek yang diteliti dalam penelitiini adalah TK Masyithoh sebanyak 25 siswa yang mempunyai pemahaman kecerdasan emosional yang kurang berdasarkan wawancara dan observasi.Variabel penelitian:kecerdasan emosional (variabel terikat) dan layanan informasi dengan metode bercerita (variabel bebas). Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi.Analisis data menggunakan data kuantitatif. Hasil penelitian pra siklus pemahaman kecerdasan emosional skor rata-rata 11 (39%) kategori kurang. Pada siklus I Pertemuan 1 skor rata-rata 13,1 (44%) kategori kurang, Pertemuan 2skor rata-rata 15,4 (51%) kategori kurang dan Pertemuan 3skor rata-rata 17,7 (59%) kategori cukup. Siklus II pertemuan 1 skor rata-rata 19,4 (65%) ketegori cukup. Pertemuan ke 2 skor rata-rata 21 (70%) kategori baik. Pada pertemuan ke 3 skor rata-rata 23 (77 %) kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah meningkanya kecerdasan emosional pada pra siklus skor rata-rata 11 (39%) kategori kurang. Setelah diberikan layanan informsi dengan metode bercerita siklus I memperoleh hasil skor rata-rata 17,7 (59%) kategori cukup dan pada siklus II memperoleh hasil skor rata-rata 23 (77 %) kategori baik. Dari hasil pra siklus sampai ke siklus II, terjadi peningkatan sebesar 12 (48%) dari kategori kurang ke kategori baik. Berdasarkan hipotesis yang menyatakan “Meningkatkan Pemahaman Kecerdasan Emosional melalui layanan informasi dengan metode bercerita Siswa di TK Masyithoh Sukolilo Pati Tahun Ajaran 2016/2017.”Diterima karena sudah memenuhi indikator keberhasilan. Saran yang diberikan 1) Kepala Sekolah: Kepala Sekolah hendaknya memberikan sarana dan prasarana dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling disekolah hingga layanan bimbingan dan konseling dapat terlaksana dengan baik. Khususnya pada layanan informasi bidang pribadi dan sosial. 2) Kolaborator: Diharapkan agar guru bimbingan dan konseling disekolah dapat lebih memberikan layanan informasi dengan metode bercerita guna meningkatkan pemahaman kecerdasan emosional siswa secara intensif dan dalam pemberian layanan informasi sesuai dengan kebutuhan siswa agar berkembang secara baik dan optimal. 3) Kepada Siswa: Diharapkan setelah mengikuti layanan informasi dengan metode bercerita siswa bisa mendapatkan manfaat yang lebih baik dalam kecerdasan emosionalnya. 4) Kepada Peneliti: diharapkan kepada peneliti mempraktikkan teori-teori bimbingan dan konseling khususnya layanan informasi dengan metode becerita untuk meningkatkan kecerdasan emosional.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Sutarti, SE.,MM
                      Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Layanan Informasi Dengan Metode Bercerita
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 27 Apr 2017 14:35
                      Last Modified: 27 Apr 2017 14:35
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6857

                      Actions (login required)

                      View Item