Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Berbantuan Media Massa Cetak Pada Siswa Kelas V A Sd Muhammadiyah 1 Kudus

Nurdin, Afrisal (2017) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Berbantuan Media Massa Cetak Pada Siswa Kelas V A Sd Muhammadiyah 1 Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (733kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] PDF (BAb 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (155kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang)
PPT.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Rendahnyakemampuanberbicarasiswakelas V A semester 2 tahun 2016 SD Muhammadiyah 1 Kudus menjadialasandilaksanakanpenelitian.Kondisitersebutterjadikarenasiswa-siswitidakmemanfaatkankesempatanberpendapat yang sudahdibukaoleh guru.Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapan model pembelajaranreciprocalberbantuan media massacetakuntukmeningkatkanketerampilanberbicarasiswakelas V A SD Muhammadiyah 1 Kudus. Keterampilanberkomentarmerupakanpembicaraanberupapendapat, komentar, tanggapan, kritik, dansaran yang disampaikansiswa-siswisaatdiskusikelompokdanpembelajaranbahasa Indonesia berlangsung.Model pembelajaranreciprocaladalahrangkaiankegiatanpembelajarandalamdiskusikelompok yang empatanggotanyamemilikitugasberbedayaitupenanya, perangkum, pengklarifikasi, danprediktor.Penerapan model pembelajaranreciprocalberbantuan media massacetakdapatmeningkatkanketerampilanberbicarasiswakelas V A SD Muhammadiyah 1 Kudus disebuthipotesistindakanpenelitianini. Subjekpenelitianada 35 siswakelas V A SD Muhammadiyah 1 Kudus. Penelitiandilaksanakandalamduasiklus.Tiapsiklusadatigatahapkegiatanyaitu (1) perencanaan, (2) tindakandanpengamatan, dan (3) refleksi.Teknikpengumpulan data melaluiwawancara, pengamatan, unjukkerja, tes, dandokumentasi.Analisis data kuantitatifdankualitatifdigunakanuntukmendeskripsikanhasilpenelitian. Hasilpenelitiantentangdeskripsiketerampilan guru mengajar yang sangatmemuaskandarisiklus I 84% (Baik) kesiklus II 91,25% (SangatBaik). Peningkatanaktivitasbelajarsiswapadasiklus I 76,37 (Baik) menjadi 83,42 (Baik) padasiklus II. Akibatnyareratanilaiketerampilanberbicarasiswamenjadimeningkatdaritahapprasiklushanya 74,14 (Cukup) sedangkansiklus I 84,60 (Baik) menjadi 85,09 (Baik) padasiklus II. Kemudianketuntasanklasikalketerampilanberbicarasiswapadaprasiklus 40%, siklus I 94% dansiklus II 94%.Penelitianinimembuktikanbahwapenerapan model pembelajaranreciprocalberbantuan media massacetakdapatmeningkatkanketerampilanberbicarasiswakelas V A SD Muhammadiyah 1 Kudus. Simpulanpenelitianiniadalahpenerapan model pembelajaranreciprocalberbantuan media massacetakdapatmeningkatkanketerampilanberbicarasiswakelas V A SD Muhammadiyah 1 Kudus. Disarankan, dalammenerapkan model pembelajaranreciprocal, guru harusdapatmembimbingkelompokdiskusikecilsecaraefektif agar tiapsiswamemilikikesempatanberpendapat.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaranreciprocal, media massacetak, keterampilanberbicarasiswa.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 29 Apr 2017 03:40
Last Modified: 29 Apr 2017 03:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6867

Actions (login required)

View Item View Item