Penerapan Model Pembelajaran Role Playingdengan Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas V Sd 2 Mlatinorowito Kudus

Hadi M, Rizqiya (2017) Penerapan Model Pembelajaran Role Playingdengan Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas V Sd 2 Mlatinorowito Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (717Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (216Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAb 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (393Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (428Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1872Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (281Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (226Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (302Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to hanya untuk Staf Repositori

                  Download (11Mb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (1115Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilan guru mengelolapembelajaran, meningkatkanaktivitassiswadalampembelajarandanmeningkatkanhasilbelajardenganmenerapkan model role playingpadamatapelajaran IPS materiperantokohproklamasikelas V SD 2 Mlatinorowito. Hasilbelajaradalahperubahanperilaku yang diperolehsiswasetelahmengalamiaktivitasbelajar yang dilihatdariaspekkognitif, afektif, psikomotor. Model role playingmerupakaninovasidalampembelajarankarenadalamrole playingkemampuanberfikirsiswabenar-benardioptimalkanmelalui proses kerjabermainperan, hipotesistindakan yang diajukanadalahpeningkatanhasilbelajar IPS materiperantokohproklamasikemerdekaan Indonesia yang signifikandenganditerapkan model pembelajaranrole playingpadakelas V SD 2 Mlatinorowito Kudus tahunajaran 2015/2016. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas V SD 2 Mlatinorowito Kudus dengansubjekpenelitian 32 siswadan guru yang berlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariduapertemuan, variabelbebasdalampenelitianiniadalah model role playingberbantuan video pembelajaran, sedangkanvariabelterikatnyayaituhasilbelajar IPS padamateriperantokohproklamasikemerdekaan Indonesia. Metodepengumpulan data berupawawancara, observasi, tes, dandokumentasi.Data yang diperolehdaritindakan yang dilakukandianalisissecarakuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapan model pembelajaranrole playing dapatmeningkatkanketerampilanmengajar guru, aktivitasbelajarsiswa, danhasilbelajarsiswa.Hal inidapatdilihatdaritercapainyaindikatorkeberhasilansebagaiberikut. (1) keterampilan guru padasiklus I memperoleh 64,5% (cukupbaik), danmeningkatpadasiklus II menjadi 80,5% (sangatbaik), (2) aktivitasbelajarsiswapadasiklus I memperoleh 69,92% (tinggi) meningkatpadasiklus II menjadi 88,37% (sangattinggi), (3) peningkatanhasilbelajarsiswapadaaspekkognitifdarisiklus I memperoleh71 (tinggi) danmeningkatpadasiklus II menjadi 80% (sangattinggi). Aspekafektifpadasiklus I memperoleh61% (tinggi), padasiklus II memperoleh 79% (tinggi).Aspekpsikomotoriksiklus I memperoleh 66,5% (tinggi) dansiklus II memperoleh 79% (tinggi). Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas di atasdapatdisimpukanbahwapenerapan model pembelajaranrole playingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamateriperantokohkemerdekaan Indonesia padasiswakelas V SD 2 Mlatinorowito Kudus. Untukitudisarankandalampenelitianiniketika guru menggunakan model pembelajaranrole playing, hendaknya guru dapatmembimbingsiswadenganbaikpadasaatpelaksanaan drama sedangberlangsung, agar hasilbelajar yang didapatkansiswamenjadimaksimal.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
                      Uncontrolled Keywords: : HasilBelajar, Keterampilan Guru Mengajar, Role Playing, Media Video Pembelajaran
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 10:57
                      Last Modified: 29 Apr 2017 10:57
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6869

                      Actions (login required)

                      View Item