Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Melalui Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Flanelgraf Kelas Iv Di Sd Sidomulyo 3 Demak

Astuti, Wiji (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Melalui Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Flanelgraf Kelas Iv Di Sd Sidomulyo 3 Demak. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (HAl judul) - Accepted Version
Download (422Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (228Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to hanya untuk Staf Repositori

      Download (275Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (503Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1294Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (231Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (207Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
                Download (213Kb)
                  [img] PDF (lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1942Kb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (300Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajar SAVI berbantuan media flanelgraf dan menemukan peningkatan keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Prosedur kelas IV SD Sidomulyo 3. Menulis adalah keterampilan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Menulis adalah keterampilan yang bersifat produktif, karena setiap melakukan kegiatan menulis, akan menghasilkan tulisan tangan. SAVI adalah model pembelajaran berbasis masalah yang menggabungkan empat aspek kemampuan siswa yaitu somatic (gerakan), auditory (suara/pendengaran), visual (gambar/penglihatan), intelelectual (kemampuan berpikir). Flanelgraf adalah media pembelajaran yang berupa guntingan-guntingan gambar atau tulisan yang ditempel pada papan yang dilapisi flannel.Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Model pembelajaran SAVI berbantuan media flanelgraf dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas IV di SD Sidomulyo 3. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD Sidomulyo 3 dengan subjek penelitan seorang guru dan 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model SAVI dan media flanelgraf. Sedangkan Variabel terikatnya adalah keterampilan menulis teks prosedur. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model SAVI berbantuan media flanelgraf dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur, keterampilan guru, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) persentase ketuntasan belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur siklus I diperoleh hasil 16 siswa tuntas dan 6 siswa belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 72,73%, meningkat pada siklu II diperoleh hasil 21 siswa tuntas dan 1 siswa belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 95,24%; (2) keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh pencapaian rata-rata 80,35 % dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus II memperoleh pencapaian rata-rata 91,07% dengan kriteria “sangat baik”; (3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks prosedur pada siklus I diperoleh rata-rata pencapaian 64,65% dengan kriteria “cukup”, dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata pencapaian 87,16% dengan kategori “baik”. Berdasakan hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model SAVI berbantuan media flanelgraf dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas IV di SD Sidomulyo 3 Demak. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model SAVI berbantuan media flanelgraf dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa kelas IV di SD Sidomulyo 3 Demak. dan saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model SAVI berbantuan media flanelgraf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV. Bagi siswa, hendaknya siswa berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian baru yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Mila Roysa, S.Pd.,M.Pd
                      Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Teks Prosedur, SAVI, Flanelgraf
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 11:05
                      Last Modified: 29 Apr 2017 11:05
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6872

                      Actions (login required)

                      View Item