Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Barang Bekas Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 4 Dongos

Nurlita, Putri Sandra (2017) Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Barang Bekas Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 4 Dongos. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (343kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (342kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (549kB) | Request a copy
[img] PDF (BAb 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (963kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (171kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (151kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (211kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (205kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 4 Dongos Jepara dengan menggunakan model inkuiri terbimbing. (2) untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa kelas IV SDN 4 Dongos pada mata pelajaran matemtika dengan menggunakan model inkuiri terbimbing. (3) untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 4 Dongos Jepara dengan menggunakan model inkuiri terbimbing. Pemahaman konsep adalah kegiatan lanjutan penanaman konsep yang bertujuan agar siswa lebih memahami sesuatu yang tersimpan dalam pikiran sebagai langkah untuk memberikan label kepada suatu atau sebagai alat untuk berfikir, yang dapat membantu seseorang untuk mengenal, mengerti, dan memahami terhadap suatu konsep tertentu. Inkuiri terbimbing adalah model dimana guru membimbing siswa melakukan kegiatan dengan memberi pertanyaan awal dan mengarahkan pada suatu diskusi. Media barang bekas adalah media yang terbuat dari benda-benda yang pernah dipakai (sisa), yang kegunaannya tidaksama seperti benda yang baru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 4 Dongos Jepara yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman tes, dan pedoman dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I memperoleh persentase 71,30% dengan kategori baik meningkat menjadi 81,02% dengan kategori baik pada siklus II. Hasil evaluasi pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 69,54 dengan persentase ketuntasan klasikal 59,09% dan pemahaman konsep matematika 70,99% meningkat pada siklus II rata-rata nilai menjadi 76,87 dengan persentase ketuntasan klasikal 77,27% dan pemahaman konsep matematika 77,16%. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh 70,31% dengan kategori baik meningkat menjadi 80,47% dengan kategori baik pada siklus II. Simpulan peneliti bahwa penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media barang bekas dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, pemahaman konsep matematika, dan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 4 Dongos Jepara. Saran dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran guru perlu menerapkan suatu model pembelajaran untuk menciptakan kondisi belajar dengan menarik dan menyenangkan. Untuk siswa hendaknya lebih aktif dalam menyampaikan pendapat dan kreatif selama proses pembelajaran berlangsung. Untuk sekolah dapat menjadi alat evaluasi untuk berinovasi menciptakan pembelajaran berkualitas. Untuk peneliti selanjutnya dapat menjadikan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk digunakan sebagai penelitian dengan bantuan media yang berbeda.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: InkuiriTerbimbing, Pemahaman Konsep, Jajargenjang dan Segitiga
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 04:13
Last Modified: 29 Apr 2017 04:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6873

Actions (login required)

View Item View Item