Penerapan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipskelas Iv Materi Perkembangan Teknologi Sd 3tenggeles Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus 2015/2016

Arifin, Samsul (2017) Penerapan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipskelas Iv Materi Perkembangan Teknologi Sd 3tenggeles Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (512Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (300Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (319Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (494Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2465Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAb 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (215Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (104Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (108Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (436Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan model pembelajaran Example Non Example dalam proses pembelajaran dan menemukan peningkatan keterampilan guru, aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi perkembangan teknologi kelas IV SDN 3 Tenggeles Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Model pembelajaran Example Non Example adalah model pembelajaran dengan media gambar atau contoh-contoh untuk merangsang siswa untuk menganalisis dan mengembangkan konsep pada lingkungan sekitar. Hasil belajar IPS yaitu hasil berupa kemampuan meliputi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah ada peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi melalui penerapan model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas IV Semester II SDN 3 Tenggeles tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Tenggeles dengan jumlah siswa 19 siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan 2 siklus. Siklus I dengan 2 pertemuan dan siklus II dengan 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa sementara teknik observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mengukur aktivitas siswa dan keterapilan guru dalam pembelajaran. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasilpenelitiansebelummelakukanpenelitianmemperolehnilai rata-rata 68.42 denganketuntasanklasikalsebesar 52.6% meningkatpadasiklus I memperolehnilai rata-rata 70 ketuntasanklasikalsebesar 68.4% danmeningkatpadasiklus II memperolehnilai rata-rata 73.68denganketuntasanklasikal 78.95%.HasilbelajarranahafektifpadasiklusI sebesar 59,6% dengan kriteria sedang dan siklus II sebesar 67,63% dengan kriteria tinggi.Hasil belajar psikomotorik meningkat pada siklus I sebesar 55,04% dengan kriteria sedang dan siklus II sebesar 66,23% dengan kriteria tinggi.Aktivitas siswa dengan diterapkanya model pembelajaran Example Non Example meningkat pada siklus I sebesar 57,59% dengan kriteria sedang dan siklus II sebesar 67,48% dengan kriteria tinggi.Keterampilan guru dengan diterapkanya model pembelajaran Example Non Examplemeningkat pada siklus I sebesar 59,38 % dengan kriteria sedang dan siklus II sebesar 64,84% dengan kriteria tinggi. Simpulanpadapenelitianiniadalahpenerapan model Example Non Exampledapatmeningkatkanhasilbelajar IPS kelas IV materiperkembanganteknologi SD 3 TenggelesMejobo Kudus. Saran dalampenelitianinidiharapkanpesertadidikmampupercayadiridalampembelajaran, guru dapatmeningkatkanketerampilan guru dalammengajardanuntukpengembanganpenelitianberikutnya.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Imaniar Purbasari, S.Pd.,M.Pd
                      Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Model Example Non Example.
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 11:19
                      Last Modified: 29 Apr 2017 11:19
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6875

                      Actions (login required)

                      View Item