Implementasi Model Quantum Teaching Berbantu Media Permainan Bola Salju Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Dan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Muallifah, Isva Maizzatul (2017) Implementasi Model Quantum Teaching Berbantu Media Permainan Bola Salju Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Dan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (385kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (523kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (990kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (231kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (199kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (10MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn, karakter disiplin dan tanggung jawab siswa serta hasil belajar PKn aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik di kelas V SD 2 Jepang Mejobo Kudus dengan mengimplementasikan model quantum teaching berbantu media permainan bola salju. Quantum Teachingadalah model pembelajaran yang mengimplementasikan langkah TANDUR yakni Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, Rayakan/Rewarddengan memperhatikan prinsip segalanya bicara, segalanya bertujuan, pengalaman sebelum pemberian nama, akui setiap usaha, dan jika layak dipelajari maka layak pula dirayakan. Sedangkan Permainan Bola Salju merupakan media pembelajaran yang berupa permainan dengan menggunakan bola berwarna putih didalamnya berisi pertanyaan. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang terjadi dalam diri siswa meliputi aspek afektif, psikomotorik, dan kognitif setelah melakukan kegiatan belajar. Karakter disiplin merupakan kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan dan tata tertib yang didorong adanya kesadaran yang ada pada kata hatinya. Sedangkan karakter tanggung jawab adalah perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajiban yang seharusnya dilakukan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Jepang Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 28 siswa, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaantindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model quantum teaching berbantu media permainan bola saljusedangkan variabel terikatny adalahhasilbelajar PKn serta karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas V.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwadengan mengimplementasikan model quantum teaching berbantu media permainan bola salju dapat meningkatkan keterampilan guru pada siklus I ke siklus II dari persentase 74,99% (baik) menjadi 85,18% (sangat baik). Karakter disiplin dan tanggung jawab siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 66,82% (baik) menjadi 77,85% (baik), hasil ketuntasan belajar pada ranah kognitif juga terdapat peningkatanyang dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu dari nilai rata-rata 68,92 menjadi 76,42 dengan persentase 75% (baik) menjadi 89,28% (sangat baik). Pada ranah afektif juga meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 67,85% (baik) menjadi 82,78% (baik),sedangkan ranah psikomotrik juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 60,93% (cukup) menjadi 76,48% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 2 Jepang Mejobo Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model quantum teaching dapat meningkatkan keterampilan guru, karakter disiplin dan tanggung jawab siswa, hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Saran dalam penelitian ini,guru sebaiknya menerapkan berbagai model pembelajaran agar siswa menjadi aktif serta guru juga dapat menyimpan dan membukukan kreativitas-kreativitas lesson plannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Bola Salju, Hasil Belajar PKn, Karakter
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 04:27
Last Modified: 29 Apr 2017 04:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6877

Actions (login required)

View Item View Item