Peningkatan Prestasi Belajar Ips Kenampakan Alam Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Golan Tepus Tahun Pelajaran 2016/2017

Hardiyanti, Tri Prihatini (2017) Peningkatan Prestasi Belajar Ips Kenampakan Alam Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Golan Tepus Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (215kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (344kB) | Request a copy
[img] PDF (BAb 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (270kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (727kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (290kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (131kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuanpenelitianiniadalah (1) menjelaskanpeningkatanketerampilan guru denganpenerapan model Problem Based Learningpadakelas IV matapelajaran IPS materikenampakanalampadaKelas IV SDN 2 Golan Tepus; (2) mendeskripsikanpeningkatanaktivitasbelajarsiswakelas IV matapelajaran IPS materikenampakanalammelaluipenerapan model Problem Based LearningpadaKelas IV SDN 2 Golan Tepus; (3) mendeskripsikanpeningkatanprestasibelajarsiswakelas IV matapelajaran IPS materikenampakanalamdenganditerapkanya model Problem Based LearningpadaKelas IV SDN 2 Golan Tepus. Prestasibelajarmerupakanbuktikeberhasilan yang telahdicapaiseseorangdalam proses belajaritusendiri. Prestasibelajar IPS yaknihasilpengukurandaripenilaianusahabelajarselamapembelajaran IPS yang dinyatakandalambentuksimbol, huruf, angkamaupunkalimat yang mengambarkanhasil yang sudahdicapaiolehsetiapanakdidiksecaraindividumaupunkelompokpadaperiodetertentu. Model Problem Based Learningyaknipembelajaran yang melatihdanmengembangkankemampuanuntukmenyelesaikanmasalah yang berorientasipadamasalahotentikdarikehidupanactualsiswa, untukmerangsangkemampuanberpikirtingkattinggi. Hasilpenelitianinimenunjukkanpembelajaran IPS melalui model pembelajaranProblem Based Learning meningkatdisetiapsiklus. Persentaseketerampilan guru siklus I yakni 56,77% dengan criteria cukupdanmeningkatpadasiklus II menjadi 75,86% dengan criteria baik. Sedangkanpersentaseaktivitasbelajar61,5% dengan criteria cukupkemudianmeningkatpadasiklus II menjadi93% dengancriteriasangatbaik. Persentaseketuntasanprestasibelajarsetelahdilakukanpenelitiansiklus I menjadi61,5% dengan criteria cukupdanmeningkatpadasiklus II menjadi94,11%dengan criteria sangatbaik. Berdasarkantemuanhasilpenelitiantersebut, makadapatdisimpulkanbahwahasilbelajarsiswakelas IV SDN 2 Golan Tepus Kudus dapatmeningkatdanberhasildenganbaiksetelahditerapkannya model pembelajaranProblem Based Learning. Simpulanpadapenelitianini yakni dengan diterapkannya Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam mata pelajaran IPS, keterampilan guru dapat meningkat, aktivitas belajar siswa dapat meningkat dan prestasi belajar siswa dapat meningkat. Penelitimenyarankan agar siswalebihmeningkatkansemangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknyadapatmenginovasikan model-model pembelajaran. Sedangkankepalasekolahhendaknyamenyediakansaranadanprasarana yang dapatmendukung proses pembelajaran yang lebihbaik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PrestasiBelajar, IPS, Model Problem Based Learning
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 05:46
Last Modified: 29 Apr 2017 05:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6883

Actions (login required)

View Item View Item