Hardiyanti, Tri Prihatini (2017) Peningkatan Prestasi Belajar Ips Kenampakan Alam Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Golan Tepus Tahun Pelajaran 2016/2017. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
PDF (BAb 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (727kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (131kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (Sidang)
PPT_SKRIPSI.pptx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuanpenelitianiniadalah (1) menjelaskanpeningkatanketerampilan guru denganpenerapan model Problem Based Learningpadakelas IV matapelajaran IPS materikenampakanalampadaKelas IV SDN 2 Golan Tepus; (2) mendeskripsikanpeningkatanaktivitasbelajarsiswakelas IV matapelajaran IPS materikenampakanalammelaluipenerapan model Problem Based LearningpadaKelas IV SDN 2 Golan Tepus; (3) mendeskripsikanpeningkatanprestasibelajarsiswakelas IV matapelajaran IPS materikenampakanalamdenganditerapkanya model Problem Based LearningpadaKelas IV SDN 2 Golan Tepus. Prestasibelajarmerupakanbuktikeberhasilan yang telahdicapaiseseorangdalam proses belajaritusendiri. Prestasibelajar IPS yaknihasilpengukurandaripenilaianusahabelajarselamapembelajaran IPS yang dinyatakandalambentuksimbol, huruf, angkamaupunkalimat yang mengambarkanhasil yang sudahdicapaiolehsetiapanakdidiksecaraindividumaupunkelompokpadaperiodetertentu. Model Problem Based Learningyaknipembelajaran yang melatihdanmengembangkankemampuanuntukmenyelesaikanmasalah yang berorientasipadamasalahotentikdarikehidupanactualsiswa, untukmerangsangkemampuanberpikirtingkattinggi. Hasilpenelitianinimenunjukkanpembelajaran IPS melalui model pembelajaranProblem Based Learning meningkatdisetiapsiklus. Persentaseketerampilan guru siklus I yakni 56,77% dengan criteria cukupdanmeningkatpadasiklus II menjadi 75,86% dengan criteria baik. Sedangkanpersentaseaktivitasbelajar61,5% dengan criteria cukupkemudianmeningkatpadasiklus II menjadi93% dengancriteriasangatbaik. Persentaseketuntasanprestasibelajarsetelahdilakukanpenelitiansiklus I menjadi61,5% dengan criteria cukupdanmeningkatpadasiklus II menjadi94,11%dengan criteria sangatbaik. Berdasarkantemuanhasilpenelitiantersebut, makadapatdisimpulkanbahwahasilbelajarsiswakelas IV SDN 2 Golan Tepus Kudus dapatmeningkatdanberhasildenganbaiksetelahditerapkannya model pembelajaranProblem Based Learning. Simpulanpadapenelitianini yakni dengan diterapkannya Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam mata pelajaran IPS, keterampilan guru dapat meningkat, aktivitas belajar siswa dapat meningkat dan prestasi belajar siswa dapat meningkat. Penelitimenyarankan agar siswalebihmeningkatkansemangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknyadapatmenginovasikan model-model pembelajaran. Sedangkankepalasekolahhendaknyamenyediakansaranadanprasarana yang dapatmendukung proses pembelajaran yang lebihbaik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | PrestasiBelajar, IPS, Model Problem Based Learning |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 29 Apr 2017 05:46 |
Last Modified: | 29 Apr 2017 05:46 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6883 |
Actions (login required)
View Item |