Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Melalui Proses Menggambar Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Kajar

-, Rimawati (2017) Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Melalui Proses Menggambar Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Kajar. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (181kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of Sidang] Microsoft PowerPoint (Sidang)
Presentasi_ujian_skripsi.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsisiswa, keterampilan guru dalammengelolapembelajaran, sertaaktivitasbelajarsiswadenganmenggunakan model Contextual Teaching and Learningmelalui proses menggambarpadasiswakelas IV SD 2 Kajar. Keterampilanmenulismerupakankegiatanuntukmembuatgagasanatauinformasimelaluitulisan.Contextual Teaching and Learningadalahmodel pembelajaran yang digunakanuntukmembantusiswadalammemahamimateridenganmenghubungkannyapadasituasinyata.Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahpenerapan model Contextual Teaching and Learningmelalui proses menggambardapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsipadasiswakelas IV SD 2 Kajar. Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 2 KajarkecamatanDawekabupaten Kudus dengansubjekpenelitian 27 siswadan guru yang berlangsungselamaduasiklus. Setiapsiklusnyaterdiriatasduapertemuan, yang setiappertemuannyaterdiriatasempattahap, yaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Adapunvariabelbebasdalampenelitianadalah model Contextual Teaching and Learningmelalui proses menggambar, sedangkanvariabelterikatnyaadalahketerampilanmenuliskarangandeskripsi. Teknikpengumpulan data dalampenelitianiniberupates, dokumentasi, observasi, danwawancara. Hasilpenelitianmenunjukkanterdapatpeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsisiswa yang cukupsignifikan, padasiklus I terdapat 18 siswa yang mencapaiketuntasanbelajardenganpresentase 66,7%, sedangkanpadasiklus II meningkatmenjadi 21 siswamencapaiketuntasanbelajardenganpresentase 77,8%. Hal inididukungdenganketerampilan guru mengajarpadasiklus I mencapai 71,25% (baik), padasiklus II meningkatmenjadi 86,25% (sangatbaik). Aktivitasbelajarsiswajugamengalamipeningkatandari 62,9% (baik) padasiklus I, meningkatmenjadi 77,5% (baik) padasiklus II. Hal inimembuktikan model Contextual Teaching and Learning melalui proses menggambardapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsisiswakelas IV SD 2 Kajar. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas, dapatdisimpulkanbahwapenerapan model Contextual Teaching and Learningmelalui proses menggambardapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsisiswa, keterampilan guru mengajar, sertaaktivitasbelajarsiswakelas IV SD 2 Kajar, sehinggadisarankan guru dapatmendalamidanmemanfaatkan model tersebutuntukmenunjangkegiatanbelajarmengajar, khususnyapadamateriketerampilanmenulis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: KeterampilanMenulisKaranganDeskripsi, Contextual Teaching and Learning, Proses Menggambar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 29 Apr 2017 06:03
Last Modified: 29 Apr 2017 06:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6884

Actions (login required)

View Item View Item