Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Melalui Proses Menggambar Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Kajar

-, Rimawati (2017) Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Melalui Proses Menggambar Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Kajar. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (319kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (599kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (175kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (181kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (573kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsisiswa, keterampilan guru dalammengelolapembelajaran, sertaaktivitasbelajarsiswadenganmenggunakan model Contextual Teaching and Learningmelalui proses menggambarpadasiswakelas IV SD 2 Kajar. Keterampilanmenulismerupakankegiatanuntukmembuatgagasanatauinformasimelaluitulisan.Contextual Teaching and Learningadalahmodel pembelajaran yang digunakanuntukmembantusiswadalammemahamimateridenganmenghubungkannyapadasituasinyata.Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahpenerapan model Contextual Teaching and Learningmelalui proses menggambardapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsipadasiswakelas IV SD 2 Kajar. Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 2 KajarkecamatanDawekabupaten Kudus dengansubjekpenelitian 27 siswadan guru yang berlangsungselamaduasiklus. Setiapsiklusnyaterdiriatasduapertemuan, yang setiappertemuannyaterdiriatasempattahap, yaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Adapunvariabelbebasdalampenelitianadalah model Contextual Teaching and Learningmelalui proses menggambar, sedangkanvariabelterikatnyaadalahketerampilanmenuliskarangandeskripsi. Teknikpengumpulan data dalampenelitianiniberupates, dokumentasi, observasi, danwawancara. Hasilpenelitianmenunjukkanterdapatpeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsisiswa yang cukupsignifikan, padasiklus I terdapat 18 siswa yang mencapaiketuntasanbelajardenganpresentase 66,7%, sedangkanpadasiklus II meningkatmenjadi 21 siswamencapaiketuntasanbelajardenganpresentase 77,8%. Hal inididukungdenganketerampilan guru mengajarpadasiklus I mencapai 71,25% (baik), padasiklus II meningkatmenjadi 86,25% (sangatbaik). Aktivitasbelajarsiswajugamengalamipeningkatandari 62,9% (baik) padasiklus I, meningkatmenjadi 77,5% (baik) padasiklus II. Hal inimembuktikan model Contextual Teaching and Learning melalui proses menggambardapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsisiswakelas IV SD 2 Kajar. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas, dapatdisimpulkanbahwapenerapan model Contextual Teaching and Learningmelalui proses menggambardapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsisiswa, keterampilan guru mengajar, sertaaktivitasbelajarsiswakelas IV SD 2 Kajar, sehinggadisarankan guru dapatmendalamidanmemanfaatkan model tersebutuntukmenunjangkegiatanbelajarmengajar, khususnyapadamateriketerampilanmenulis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: KeterampilanMenulisKaranganDeskripsi, Contextual Teaching and Learning, Proses Menggambar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 06:03
Last Modified: 29 Apr 2017 06:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6884

Actions (login required)

View Item View Item