Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Melalui Proses Menggambar Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Kajar

-, Rimawati (2017) Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Melalui Proses Menggambar Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Kajar. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1005Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (199Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (312Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (585Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2086Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (221Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (171Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (177Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (12Mb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (559Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitianinibertujuanmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsisiswa, keterampilan guru dalammengelolapembelajaran, sertaaktivitasbelajarsiswadenganmenggunakan model Contextual Teaching and Learningmelalui proses menggambarpadasiswakelas IV SD 2 Kajar. Keterampilanmenulismerupakankegiatanuntukmembuatgagasanatauinformasimelaluitulisan.Contextual Teaching and Learningadalahmodel pembelajaran yang digunakanuntukmembantusiswadalammemahamimateridenganmenghubungkannyapadasituasinyata.Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahpenerapan model Contextual Teaching and Learningmelalui proses menggambardapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsipadasiswakelas IV SD 2 Kajar. Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 2 KajarkecamatanDawekabupaten Kudus dengansubjekpenelitian 27 siswadan guru yang berlangsungselamaduasiklus. Setiapsiklusnyaterdiriatasduapertemuan, yang setiappertemuannyaterdiriatasempattahap, yaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Adapunvariabelbebasdalampenelitianadalah model Contextual Teaching and Learningmelalui proses menggambar, sedangkanvariabelterikatnyaadalahketerampilanmenuliskarangandeskripsi. Teknikpengumpulan data dalampenelitianiniberupates, dokumentasi, observasi, danwawancara. Hasilpenelitianmenunjukkanterdapatpeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsisiswa yang cukupsignifikan, padasiklus I terdapat 18 siswa yang mencapaiketuntasanbelajardenganpresentase 66,7%, sedangkanpadasiklus II meningkatmenjadi 21 siswamencapaiketuntasanbelajardenganpresentase 77,8%. Hal inididukungdenganketerampilan guru mengajarpadasiklus I mencapai 71,25% (baik), padasiklus II meningkatmenjadi 86,25% (sangatbaik). Aktivitasbelajarsiswajugamengalamipeningkatandari 62,9% (baik) padasiklus I, meningkatmenjadi 77,5% (baik) padasiklus II. Hal inimembuktikan model Contextual Teaching and Learning melalui proses menggambardapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsisiswakelas IV SD 2 Kajar. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas, dapatdisimpulkanbahwapenerapan model Contextual Teaching and Learningmelalui proses menggambardapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsisiswa, keterampilan guru mengajar, sertaaktivitasbelajarsiswakelas IV SD 2 Kajar, sehinggadisarankan guru dapatmendalamidanmemanfaatkan model tersebutuntukmenunjangkegiatanbelajarmengajar, khususnyapadamateriketerampilanmenulis.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
                      Uncontrolled Keywords: KeterampilanMenulisKaranganDeskripsi, Contextual Teaching and Learning, Proses Menggambar
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 13:03
                      Last Modified: 29 Apr 2017 13:03
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6884

                      Actions (login required)

                      View Item