Lutfiatin, Khilmiya (2017) Peningkatan Kemampuan Pemecahanmasalahmateri Kerucut Berbantu Media Modifikasi Caping Gunung Menggunakan Model Problem Based Instruction Kelas V Sdn 3 Bulungcangkring. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal judul)
Hal._Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (592kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (305kB) |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (Sidang)
Presentasi_ujian.pptx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitiantindakankelasinibertujuanuntuk meningkatkan kemampuanpemecahanmasalahmatematikadenganditerapkanya model Problem Based Instruction (PBI)berbantuan media modifikasicapinggunungmaterikerucutpadasiswa, aktivitas pemecahan masalah siswa, dan keterampian guru dalam pengelolaan pembelajaran. Kemampuanpemecahanmasalahmatematikaadalahkemampuansiswadalammemecahkanmasalahmelalui proses untukdapatmenemukanjalankeluarsertamempelajarihal yang barudenganberbagaikombinasi yang dilaluidanbeberapatahapanpenyelesaian. Model Problem Based Instructionmerupakanpendekatan yang efektifdalammembantusiswauntukmemrosesinformasi yang sudahadadalambenaknyadanmenyusunpengetahuanmerekasendiritentangduniasosial.Media modifikasicapinggunungmerupakan media yang digunakanuntukmembantusiswadalammemahami, merencanakan, menyelesaikandanmenyimpulkanmasalah yang diberikanterkaitmaterikerucut. PenelitianTindakanKelasiniakandilaksanakandikelasV SDN 3 bulungcangkringdengansubjekpenelitian 24siswa. Penelitianiniakanberlangsungselamaduasiklus. Setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi.Variabelbebasadalah model Problem Based Instruction (PBI) berbantuan media modifikasicapinggunung. Sedangkanvariableterikatadalahkemampuanpemecahanmasalah.Teknikpengumpulan data menggunakantekniktes, observasi, wawancara, dandokumentasi. Analisis data yang digunakanyaknianalisis data kuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianinimenunjukkan (1) kemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswameningkatdariprasiklushinggasiklus II denganpresentaseketuntasanklasikalsebesar 25% meningkatpadasiklus I menjadi58,3% danmeningkatmenjadi79,2% padasiklus II, (2) Aktivitaspemecahanmasalahmatematikasiswapadasiklus I memperolehskor rata-rata 27,93dengankriteriabaikdanmeningkatmenjadi37,04padasiklus II dengankriteriabaik, (3) keterampilanmengajar guru padasiklus I memperolehskor rata-rata 71dengankriteriasangat baikdanmeningkatmenjadi 80,65padasiklus II dengankriteriasangatbaik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Instruction berbentu media modifikasi caping gunung materi kerucut dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, aktivitas pemecahan masalah siswa dan keterampilan guru dalam pengelolaan belajar. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Problem Based Instruction berbantu media modifikasi caping gunung, Pengajar harus mengoptimalkan proses pembelajaran pemecahan masalah dengan menyajikan permasalahan yang menarik bagi siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan daya pikir.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd.,Kons |
Kata Kunci: | Problem Based Instruction (PBI), Media ModifikasiCapingGunung, KemampuanPemecahanMasalahMatematika |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 29 Apr 2017 06:31 |
Last Modified: | 29 Apr 2017 06:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6886 |
Actions (login required)
View Item |