Meningkatkanpemahamansiswa Melalui Model Aptitude Treatment Interactionberbantuan Media Benda Konkrit Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Lau Dawe Kudus

Ristiana, Ana (2017) Meningkatkanpemahamansiswa Melalui Model Aptitude Treatment Interactionberbantuan Media Benda Konkrit Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Lau Dawe Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (687kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (218kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikanmodel Aptitude Treatment Interaction berbantuan media benda konkritpadamatapelajaran IPA materi WujuddanSifatZat Benda dapat meningkatkanpemahaman siswa di SD Negeri 1 Lau Dawe Kudus. 2. Mengetahui peningkatanketerampilanmengajar guru setelahditerapkannya model Aptitude Treatment Interaction berbantuan media benda konkrit padamata pelajaran IPAmateriWujuddanSifatZat Benda. Penelitianinimemilikiduavariabelyaituhasil pemahamansiswadanmodel pembelajaran Aptitude Treatment Interaction.Hasilpemahaman siswa adalahpeningkatankeberhasilansiswadalammencapaitujuanpembelajaran yang diterapkan guru.Sedangkanmodel pembelajaran Aptitude Treatment Interaction memilikilangkah-langkahTreatmentawal, Pengelompokansiswa, Memberikanperlakuan (Treatment), Achievement Test. SubjekpenelitianinisiswakelasIV SDN I Lau Dawe Kudus denganhasilbelajarrendah yang berjumlah20siswa terdiri 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelasmenggunakan model pembelajaranAptitude Treatment Interaction(ATI), denganmenggunakan 2 siklus, masing-masingsiklusdengan2pertemuan. Setiapsiklusmelaluiempattahapanyaituperencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi.Teknikpengumpulan data yang dilakukanadalahwawancara, tes, observasi, dandokumentasi.Data yang diperolehmeliputi data hasilbelajar, aktivitaspemahaman pesertadidik, sertaketerampilanmengajar guru.Data penelitiandianalisisdenganteknikanalisis data secarakuantitatifdankualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Aptitude Treatment Interactionmeningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran IPA terbukti dari hasil tes kognitif siswa dan aktivitas kegiatan belajar mengajar siswa dikelas meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil tes kognitif siswa mengalami peningkatan. Dari tes awal sebesar 68,1, menjadi 74 pada siklus I, dan 78,75 pada siklus II. Presentase ketuntasan juga meningkat pada pra penelitian presentase ketuntasan sebesar 35%, siklus I sebesar 60% dan siklus II sebesar 90%. Sedangkan untuk rata-rata hasil aktivitas siswa meliputi afektif dan psikomotorik pada siklus I sebesar 66,76% , dan 77% pada siklus II Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan, bahwa model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan ditunjukkan hasil tes kognitif siswa dan hasil pengamatan aktivitas kegiatan belajar mengajar siswa kelas IV SDN I Lau Dawe Kudus mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing: Drs. Susilo rahardjo, M.Pd.,Kons
Uncontrolled Keywords: PemahamanSiswa, Model Aptitude Treatment Interaction, Media Benda Konkrit
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 29 Apr 2017 06:41
Last Modified: 29 Apr 2017 06:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6887

Actions (login required)

View Item View Item