Purnomo, Agus (2017) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Stad (Student Team Achievement Division)Pada Siswa Kelas Iv Sdn Langenharjo 01 Pati. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (547kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (720kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (177kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (Sidang)
PPT.pptx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk meningkatkan hasil belajar PKnmateri globalisasi pada siswa kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati dengan penerapan model STAD (Student Team Achievement Division), (2) meningkatkan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran PKnmateri globalisasi pada siswa kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati dengan penerapan model STAD (Student Team Achievement Division) tahun pelajaran 2015/2016. Hasil belajar adalah tingkat keberhasilan yang dicapai siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membawa suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang. Model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) pendekatan Cooperative Learning yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN Langenharjo 01 Margorejo Pati dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 18 siswa. Penelitian ini terbagi menjadi dua siklus dan di setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur penelitian pada setiap siklusnya terdiri dari perencaanan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian siklus I hasil belajar PKn siswa ranah kognitif 50,00% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Hasil belajar PKn ranah afektif siswa siklus I mencapai persentase 72,77% dengan kriteria “baik” dan siklus II meningkat menjadi 84,70% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil belajar PKn ranah psikomotorik siswa siklus I 72,66% dengan kriteria “ baik” dan siklus II meningkat menjadi 85,00% dengan kriteria “Sangat Baik”. Keterampilan mengajar guru mencapai persentase 80,80% dengan kriteria “Sangat Baik” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 91,60% dengan kriteria “Sangat baik”. Simpulan pada penelitian ini yakni dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division)dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa baik dari ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa kelas IV SDNLangenharjo 01 Pati. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division), guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang inovatif yang dapat merangsang siswa mau belajar dan pembelajaran menjadi lebih menarik. Agar pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berdampak pada hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Drs. Masturi, MM |
Kata Kunci: | Model STAD (Student Team Achievement Division), Hasil Belajar PKn, Globalisasi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 29 Apr 2017 06:55 |
Last Modified: | 29 Apr 2017 06:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6888 |
Actions (login required)
View Item |