Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Sd 1 Cendono Pada Mata Pelajaran Ipa

-, Defiriyana (2017) Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Sd 1 Cendono Pada Mata Pelajaran Ipa. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (373kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (495kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (522kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (166kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (15MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (910kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran eksperimen dan menemukan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD 1 Cendono pada mata pelajaran IPA, terutama pada materi sifat-sifat cahaya. selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan peningkatan aktivitas siswa dan keterampilan guru dalam mengajar. Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki oleh siswa, di mana siswa mampu menyelesaikan masalah yang ada dengan berbagai jawaban yang berbeda. Eksperimen adalah suatu metode pembelajaran yang menekankan siswa untuk melakukan sebuah percobaan baik secara individu maupun berkelompok, mengamati dan menarik kesimpulan dari percobaan yang dilakukan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu; (1) penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD 1 Cendono pada mata pelajaran IPA, (2) penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V dalam mata pelajaran IPA di SD 1 Cendono, dan (3) penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar mata pelajaran IPA di SD 1 Cendono Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Cendono dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah metode eksperimen. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Sedangkan validitas yang digunakan yaitu validitas ahli. Hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada prasiklus (47,1%) dengan keterangan sedang, menjadi (61,03%) pada siklus I dengan keterangan tinggi, dan siklus II (75,42%) dengan keterangan tinggi, didukung dengan peningkatan aktivitas siswa ranah afektif pada siklus I (68,5%) dengan kriteria baik, menjadi (74,75%) pada siklus II dengan kriteria baik. Sedangkan aktivitas siswa dalam ranah psikomotorik pada siklus I (65,7%) dengan kriteria baik menjadi (75,35%) pada siklus II dengan kriteria baik. Pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan metode eksperimen juga mengalami peningkatan pada siklus I (76,3%) dengan kualifikasi baik, menjadi (84,4%) pada siklus II dengan kualifikasi baik. Hal itu membuktikan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD 1 Cendono pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Cendono dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA. Disarankan dalam menerapkan metode eksperimen, guru sebaiknya membiasakan siswa untuk ikut secara langsung melakukan percobaan, sehingga siswa dapat membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajarinya, selain itu juga guru sebaiknya membiasakan siswa untuk berdiskusi kelompok untuk menumbuhkan rasa kerjasama, melatih siswa untuk berani menyampaikan pendapatnya dan saling menghargai pendapat orang lain.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd.,Kons
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Berpikir Kreatif, IPA.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 07:15
Last Modified: 29 Apr 2017 07:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6890

Actions (login required)

View Item View Item