Penerapan Model Role Playing Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Tokoh Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V Sd 1 Jojo Kudus

Hermawan, Indro (2017) Penerapan Model Role Playing Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Tokoh Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V Sd 1 Jojo Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (461kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (235kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Sidang] Microsoft PowerPoint (Sidang)
PPT_SIDANG_SKRIPSI.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran role playing bertujuan meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS kelas V SD 1 Jojo, meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SD 1 Jojo dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi tokoh kemerdekaan Indonesia pada kelas V SD 1 Jojo. Model role playing merupakan model pembelajaran yang memudahkan siswa berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok untuk menganalisis suatu permasalahan dan mencari solusinya. Kegiatan role playing memudahkan siswa untuk berkomunikasi dalam kelompok serta membuat siswa mampu berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Hasil belajar adalah perubahan perilaku secara keseluruhan yang dialami oleh individu setelah individu tersebut menerima pengalaman belajarnya. Perubahan tersebut meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah penerapan model role playing dapat meningkatkan keterampilan guru , aktivitas siswa dan hasil belajar IPS materi tokoh kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD 1 Jojo Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Jojo dengan subjek penelitian yakni guru dan siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap petemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menggunakan model pembelajaran Role Playing menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa (ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik) setiap siklusnya. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 77,205% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 85,29 % (sangat baik). Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 77,045% (baik), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,99% (baik). Ketuntasan klasikal siswa ranah kognitif pra siklus sebesar 40,74% dengan rata-rata 69,78, meningkat pada siklus I menjadi 59,26% dengan rata-rata 69,81, dan pada siklus II meningkat mencapai 96,29% dengan rata-rata 88,25. Hasil belajar IPS ranah afektif siklus I persentase klasikal 76,325% (baik) meningkat pada siklus II hasil belajar afektif 83,46% (baik). Hasil belajar IPS ranah psikomotorik siklus I persentase klasikal 76,325% (baik), meningkat siklus II persentase klasikal 83,855%(baik). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Role Playing dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Peneliti menyarankan agar guru hendaknya sering menggunakan model dan media pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga semua siswa senang dan tidak bosan dalam belajar. Siswa hendaknya sering berkomunikasi dengan guru dan temannya saat didalam maupun diluar pembelajaran. Sekolah diharapkan memberikan dukungan dan pelatihan kepada guru untuk menguasai model dan metode pembelajaran agar keterampilan guru meningkat sehingga pembelajaran berlangsung menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Role Playing, Hasil Belajar IPS, Tokoh Kemerdekaan Indonesia
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 29 Apr 2017 08:35
Last Modified: 29 Apr 2017 08:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6894

Actions (login required)

View Item View Item