Penerapan Model Complete Sentence Berbantuan Pohon Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas Ii Sd 2 Gulang Kudus

Yuliawati, Sa’adah (2017) Penerapan Model Complete Sentence Berbantuan Pohon Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas Ii Sd 2 Gulang Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (717kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (112kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang)
PPT_SIDANG.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model complete sentence, penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan guru menggunakan model complete sentence, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi dengan menerapkan model complete sentence dan mengetahui peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan menerapkan model complete sentence pada siswa kelas II SD 2 Gulang Kudus. Model complete sentence merupakan bentuk penyajian guru dalam pembelajaran yang menggunakan kalimat-kalimat yang belum lengkap atau rumpang sehingga sehingga siswa dapat melengkapinya dengan kata-kata sesuai dengan cerita atau paragraf agar menjadi paragraf yang tepat. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model complete sentence untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas II SD 2 Gulang Kudus. Variabel bebasnya adalah berbantuan pohon kata dalam model complete sentence. Variabel terikat dalam PTK ini adalah keterampilan menulis bahasa indonesia pada siswa kelas II SD 2 Gulang Kudus. Keterampilan menulis merupakan kemampuan menuangkan buah pikiran ke dalam bahasa tulis melalui kalimat-kalimat yang dirangkai secara utuh, lengkap, dan jelas sehingga buah pikiran tersebut dapat dikomunikasikan kepada pembaca. Keterampilan menulis menuntut kemampuan menggunakan pola-pola bahasa secara tertulis untuk mengungkapkan suatu gagasan (Slamet, 2013: 130). Deskriptif berasal dari kata latin describere yang dinyatakan dengan menggambarkan atau memeriksa sesuatu. Istilah deskripsi yaitu suatu bentuk wacana atau karangan yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, sehingga pembaca dapat mencitrai (melihat, mendengar, mencium, dan merasakan) apa yang dilukiskan itu sesuai dengan citra penulisnya (Keraf, 1982: 93). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran complete sentence dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa ranah afektif, dan peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas II. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran complete sentence materi mendeskripsikan hewan atau tumbuhan terjadi peningkatan terlihat dari siklus I ke siklus II. Rata-rata keterampilan guru pada siklus I pertemuan pertama dan kedua dari rata-rata keterampilan guru memperoleh skor sebesar 26 dengan presentase 72,23 % dan pertemuan II diperoleh skor sebesar 30 dengan 83,34% kategori sangat baik. Siklus II mengalami peningkatan pada pertemuan I dengan skor 30 dengan persentase 83,34% dengan kualifikasi baik (berhasil). Pertemuan II dengan skor 32 dengan 88,89% berkategori sangat baik . (2) Peningkatan aktivitas ranah afektif terlihat pada aktivitas siswa setelah diterapkan model pembelajaran penerapan model pembelajaran complete sentence materi mendeskripsikan hewan atau tumbuhan siswa kelas II SD 2 Gulang Kudus. Terlihat pada akitivitas siswa ranah afektif mengalami peningkatan yaitu hasil presentase hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I pertemuan I diperoleh skor 243 dengan persentase 67,5% dengan kategori cukup. Pertemuan II diperoleh skor 267 dengan presentase 74,16% kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa ranah afektif pertemuan I dan pertemuan II mengalami peningkatan sebesar 6,66%. Siklus II pertemuan I diperoleh skor 274 dengan presentase 76,11% berkategori baik dan pertemuan II diperoleh skor 289 dengan presentase 80,28% kategori sangat baik. (3) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa dari nilai rata-rata kelas sebelum penelitian sebesar 63,55 dengan nilai tertinggi 82 dan nilai terendah 50. Nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 70,28 dengan presentase 61,12% menjadi 78,7% dengan presentase 83,34%. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran complete sentence dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa ranah afektif dan meningkatnya keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas II SD 2 Gulang Kudus. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa diharapkan lebih bisa meningkatkan kerjasama dalam berkelompok, memiliki sikap tanggung jawab dan rasa percaya diri dalam mengikuti proses pembelajaran. Bagi guru harus lebih kreatif dalam mengajar dengan menggunakan model pembelajaran yang inovasi, maka pembelajaran yang dilakukan guru terkesan tidak membosankan dan suasana dalam pembelajaran lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Deskripsi, Model Complete Sentence, Berbantuan Pohon Kata
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 29 Apr 2017 08:45
Last Modified: 29 Apr 2017 08:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6895

Actions (login required)

View Item View Item