Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Menggunakan Model Cooperative Script Pada Siswa Kelas Ii Sdn 2 Mayonglor Jepara

Setyowati, Dyah (2017) Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Menggunakan Model Cooperative Script Pada Siswa Kelas Ii Sdn 2 Mayonglor Jepara. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (571kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (113kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang)
PPT_SKRIPSI.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru menggunakan model cooperative script, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca nyaring dengan diterapkannya model cooperative script dan mengetahui peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa dengan menggunakan model cooperative pada siswa kelas II SDN 2 MayongLor Jepara. Keterampilan membaca merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang harus dikuasai oleh siswa untuk mencapai tujuan pendidikan, dalam proses belajar terkait dari beberapa aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Model cooperative script merupakan salah satu model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk saling bekerja sama satu sama lain secara berpasangan. Model ini dapat meningkatkan keterampilan membaca dalam pembelajaran tematik khususnya bahasa Indonesia materi membaca nyaring pada kelas II SDN 2 MayongLor Jepara. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini telah dilaksanakan pada siswa kelas II SDN 2 MayongLor Jepara terdiri dari dua siklus terdiri dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian 26 siswa SDN 2 MayongLor Jepara. Variabel bebas dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran cooperative script. Sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan membaca nyaring. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data meliputi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan keterampilan kinerja guru, aktivitas siswa pada aspek afektif, dan peningkatan keterampilan membaca nyaring pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran cooperative script materi membaca nyaring siswa terlihat terjadi peningkatan dari siklus I kesiklus II. Rata-rata keterampilan guru pada siklus I pertemuan pertama dan kedua dari rata-rata keterampilan guru memperoleh skor 62 dengan persentase 83,7% dengan kategori baik. Siklus II mengalami peningkatan dengan skor yang diperoleh skor 72 dengan persentase 97,29% dengan kualifikasi Sangat baik (berhasil). (2) Peningkatan aktivitas siswa yang dinilai ranah aspek afektif terlihat pada aktivitas siswa setelah diterapkan model pembelajaran penerapan model pembelajaran Cooperative Script materi membaca nyaring siswa kelas II SDN 2 Mayonglor Jepara. Terlihat pada akitivitas siswa ranah afektif mengalami peningkatan yaitu hasil presentase hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I yaitu 55,19% dengan kriteria penilaian cukup menjadi 68,26% pada siklus II dengan kriteria penilaian baik. (3) Peningkatan keterampilan membaca nyaring dari nilai rata-rata kelas sebelum penelitian sebesar 3,9 point yaitu dari 74,36 menjadi 78,26. Nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 6,31 point yaitu 78,26 dari menjadi 84,57% . Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa pada ranah afektif dan meningkatnya keterampilan membaca nyaring pada siswa kelas II SDN 2 MayongLor Jepara. Saran dalam penelitian ini, siswa diharapkan lebih bisa menumbuhkan kerjasama dalam kelompok, lebih tertib, tanggung jawab dan rasa percaya diri dalam proses pembelajaran. Bagi guru harus lebih kreatif dalam mengajar dan membuat inovasi pembelajaran dengan hal tersebut maka pembelajaran tidak akan membosankan dan suasana lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: PEmbimbing: Irfai Fathurohman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Nyaring, Model Cooperative Script
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 29 Apr 2017 08:53
Last Modified: 29 Apr 2017 08:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6896

Actions (login required)

View Item View Item