Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Problem Based Learningberbasis Media Visualbagisiswa Kelas Iv Sd09 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus

Sari, Catur Wulan (2017) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Problem Based Learningberbasis Media Visualbagisiswa Kelas Iv Sd09 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (604Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (237Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (339Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (782Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (943Kb) | Request a copy
            [img] PDF (bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (246Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (120Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pusataka) - Accepted Version
                Download (228Kb)
                  [img] PDF (lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2858Kb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (815Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Tujuanpenelitiantindakankelasiniadalah (1) Untuk mengetahuipeningkatanketerampilan guru dalam menerapkan model Problem Based Learning berbasis Visual pada pembelajaran PKn kelas IV di SD 09 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam penerapan model Problem Based Learning berbasis Visual pada pembelajaran PKn kelas IV di SD 09 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn setelah diterapkan model Problem Based Learning berbasis Visual pada siswa kelas IV SD 09 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. PenerapanModel Problem Based Learningberbasis media Visual merupakan model pembelajaran yang mengarahkansiswauntukberpikirsecaraluasdalammenyelesaikanmasalahmelalui proses kerjakelompoksehinggasiswadapatmemberdayakan, mengasahdanmengembangkankemampuanberpikirnyasecaraberkesinambungan. Hasilbelajaradalahperolehan proses belajaryang berupapengetahuan, sikapdanketerampilan (kognitif, afektif, psikomotorik). Penelitian tindakan kelas dilaksananakan di kelas IV SD 09 Gondosari Gebog Kudus, dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap 1 siklus ada tahapansetiapsiklusterdiridariempattahapan PTK yaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi. Variabelbebasadalah model Problem Based Learning,sedangkanvariabel terikatnyaadalahhasilbelajarPKn.Teknikpengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dokumentasidantes.Datayang diperolehdaritindakandianalisissecarakuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatandiantaranyapadaketerampilan guru siklus I mencapai rata-rata persentasesebesar 71,88 % (baik) danmeningkatpadasiklus II rata-rata sebesar 82,5 % (sangatbaik). Aktivitassiswaranahafektifpadasiklus I rata-rata mencapai 73,9 % (baik), meningkatpadasiklus II rata-rata mencapai 79,99 % (baik). Aktivitassiswaranahpsikomotorik rata-rata sebesar 77,71 % (baik) danmeningkatpadasiklus II rata-rata sebesar 80,46 (sangatbaik). Hasilbelajarranahkognitif rata-rata ketuntasanklasikalprasiklusmencapai 45,83% danmeningkatpadasiklus I dengan rata-rata ketuntasanklasikalmencapai 79,16% (Baik) danmeningkatlagipadasiklus II rata-rata ketuntasanklasikalsebesar 87,5% (SangatBaik). Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelasdapatdisimpulkanbahwapenerapan model Problem Based Learningberbasis media visualdapatmeningkatkanketerampilan guru, aktivitasbelajarsiswadanhasilbelajarPKnsiswakelas IV SD 09 GondosariKecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Untuk itu saran dalam penelitian ini hendaknya siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran PKn serta model Problem Based Learning dapat dijadikan guru sebagai solusi untuk meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa dan aktivitas siswa.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
                      Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Berbasis Media Visual,HasilBelajarPKn
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 15:59
                      Last Modified: 29 Apr 2017 15:59
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6897

                      Actions (login required)

                      View Item