Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Undangan Melalui Modelquantum Writing Berbantuan Media Puzzle Kelas V Di Sd Tuwang 1 Demak

Nikmah, Efa Zulfatin (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Undangan Melalui Modelquantum Writing Berbantuan Media Puzzle Kelas V Di Sd Tuwang 1 Demak. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (400Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (129Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (279Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (419Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1424Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (195Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (107Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (43Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2561Kb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (190Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitianinibertujuanmendeskripsikan model pembelajaranquantum writing berbantuan media puzzledanmenemukanpeningkatanketerampilanmenulispadamatapelajaranBahasa Indonesia materiSuratUndaganKelas V SD Tuwang 1 Demak. Menulisadalahsuatu kegiatan menyampaikan informasi melalui media tulisan.Menulisadalah kegiatan menyampaikan ide, gagasan, dan informasi secara tidak langsung. Keterampilan menulis dapat ditingkatkan dengan cara banyak berlatih.Quantum writing merupakan model pembelajaranyang dapatmenumbuhkan potensi diri seseorang dan dapat ditularkan kepada orang lain.Quantumwritingmempunyaitujuh tahapyaitu persiapan, draf kasar, berbagi, revisi, menyunting, penulisan kembali, dan evaluasi.Puzzle adalah media pembelajaran yang berupapotongangambarataukalimat yang diususun. Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahmodelpembelajaranquantum writing berbantuan media puzzle dapatmeningkatkanketerampilanmenulissuratundangansiswakelas V di SD Tuwang 1 Demak. Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas V SD Tuwang 1 Demakdengansubjekpenelitianseorang guru pengelolapembelajarandan 33 siswa.Penelitianberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterditidariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebaspenerapanmodelquantum writing,sedangkanVariabelterikatketerampilanmenulissuratundangan. Instrumendalampenelitianiniadalahlembarwawancara, pedomanobservasi, tes, dandokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwadengan penggunaanmodel quantum writing berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan gurudalammengelolapembelajaran,aktivitassiswa, danketerampilan menulissuratundangansiswa. Hal initerlihatdaritercapainyaindikatorkeberhasilanyakni (1) keterampilan guru dalammengelolapembelajaranpadasiklus I kesiklus II meningkatdaripersentase 83% dengankriteria “sangatbaik” menjadi 91,1% dengankriteria “sangatbaik” (2) aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 69,4% dengankriteria “baik” menjadi91,1% dengankriteria “sangatbaik” (3) keterampilanmenulissuratundangansiswapada siklus I ke siklus IIjugameningkatdari72,7%dengankriteria “baik” menjadi90,9%dengankriteria “sangatbaik”. Hal tersebutmembuktikanbahwapenerapanmodelquantum writing berbantuan media puzzledapatmeningkatkanketerampilanmenulissuratundangansiswakelas V di SD Tuwang 1 Demak. Simpulandalampenelitianiniadalahpenerapanmodelquantum writing berbantuan media puzzle dapatmeningkatkanketerampilan gurudalammengelolapembelajaran,aktivitassiswa, danketerampilan menulissuratundangansiswakelas V di SD Tuwang 1 Demak, dan saran dalampenelitianini guru hendaknyamenerapkanmodel quantum writing berbantuan media puzzledalampembelajaranBahasa Indonesia di kelas V. Bagisiswahendaknyaaktifselama proses pembelajaranberlangsung. Bagipenelitilain, penelitianinidiharapkanmampumemicuberkembangnyapenelitian-penelitianbaru yang lebihkreatifdaninovatif, khususnyaterhadappembelajaranBahasa Indonesia keterampilanmenulis.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Mila Roysa, S.Pd.,M.Pd
                      Uncontrolled Keywords: KeterampilanMenulis, SuratUndangan, Quantum Writing, Puzzle
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 16:05
                      Last Modified: 29 Apr 2017 16:05
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6898

                      Actions (login required)

                      View Item