Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Team Game Tournament (Tgt) Tema Pengalaman Pada Siswa Kelas Iii Sdn 1 Pulutan Grobogan

Rustiawan, Edi (2017) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Team Game Tournament (Tgt) Tema Pengalaman Pada Siswa Kelas Iii Sdn 1 Pulutan Grobogan. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (607kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB__I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (189kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang)
PPT_SKRIPSI.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar Matematika pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik dengan menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran Matematika tema pengalaman materi operasi hitung kelas III SD 1 Pulutan Grobogan. Hasil belajar merupakan perubahan tingkat penguasaan pemahaman siswa dan perilaku pada diri siswa yang mencakup aspek kognitif siswa sebagai hasil dari kegiatan belajar yang telah dilakukan. Model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) adalah model pembelajaran kelompok dengan permainan dan turnamen. Ada 5 komponen utama dalam penerapan model TGT, yakni tahap presentasi di kelas, tim, game, turnamen, dan rekognisi tim.. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi operasi hitung bilangan bagi siswa kelas III SD 1 Pulutan Grobogan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas III SD 1 Pulutan Grobogan dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 27 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Team Game Tournament (TGT). Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar Matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif meningkat cukup signifikan antara prasiklus (40,70%), siklus I (66,67%), dan siklus II (88,89%), didukung dengan adanya peningkatan aktifitas belajar matematika siswa pada siklus 1 dengan skor rata-rata klasikal sebesar 64,84% dan pada siklus II 84,49%. Keterampilan guru meningkat cukup signifikan antara hasil siklus I skor 3,46 dan siklus II skor 3,80. Simpulan dalam penelitian ini yakni penggunaan model Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada kelas III SD 1 Pulutan Grobogan. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Team Game Tournament (TGT), guru harus memperhatikan karakteristik siswa dan perkembangan siswa agar tidak bosan, siswa yang belum tuntas hendaknya mau belajar lebih giat lagi, dan bagi sekolah perlu menindaklanjuti dan memakai model Team Game Tournament (TGT), pada mata pelajaran yang lain dengan memperhatikan karakteristik siswa, materi, dan juga proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: PEmbimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Team Game Tournament (TGT), Hasil Belajar Matematika.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 02 May 2017 01:41
Last Modified: 02 May 2017 01:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6899

Actions (login required)

View Item View Item