Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Melalui Model Numbered Heads Together Kelas Iii Sd N Panggung Jepara

Shakila, Putri (2017) Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Melalui Model Numbered Heads Together Kelas Iii Sd N Panggung Jepara. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (HAl judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (481kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (192kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang)
sakila_PPt.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca puisi melalui model pembelajaran Numbered Heads Together. Model Numbered Heads Together ialah strategi pembelajaran yang menggunakan penomoran dengan membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan jumlah konsep yang dipelajari, tiap-tiap orang dalam kelompok diberi nomor masing-masing, kemudian, guru mengajukan pertanyaan dan tiap kelompok mendiskusikannya, juga guru memanggil secara acak nomor dari siswa. Keterampilan membaca puisi ialah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam membaca puisi. Hipotesis tindakan yang diajukan ialah melalui model Numbered Heads Together dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi kelas III SDN Panggung Jepara. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas III SDN Panggung Jepara yang berjumlah 22 siswa. Penelitian dilakukan selama dua siklus.Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas ialah model Numbered Heads Together. Kemudian, variabel terikat yaitu keterampilan membaca puisi.Instumen penelitian tindakan kelas ini ialah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan (1) keterampilan guru dari siklus I sebesar 65,90%,dengan kualifikasi baik, meningkat 25% pada siklus II menjadi 90,90% dengan kualifikasi sangat baik; (2) hasil belajar ranah kognitif (keterampilan membaca puisi) pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 59,5% dengan kualifikasi cukup baik dan 94,31% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus; (3) hasil belajar ranah afektif pada siklus I memperoleh persentase sebesar 71,70% berkualifikasi baik, pada siklus II meningkat menjadi 86,47% berkualifikasi sangat baik; (4) hasil belajar ranah psikomotorik (keterampilan membaca puisi) memperoleh persentase sebesar 52,64% berkualifikasi cukup, pada siklus II meningkat menjadi 73,67% berkualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi kelas III SD N Panggung Jepara. Saran peneliti yaitu guru dapat mengembangkan penerapan model NumberedHeads Together, siswa sebaiknya lebih kreatif, aktif, dan inovatif dalam penerapan model Numbered Heads Together, sekolah sebaiknya memberikan dukungan dan memfasilitasi guru untuk berinovasi dalam melaksanakan proses pembelajaran melalui model Numbered Heads Togetherdan bagi peneliti dapat mengadakan penelitian lanjutan melalui model Numbered Heads Together pada tema tertentu.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing: Mila roysa, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Keterampilan Membaca Puisi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 02 May 2017 02:09
Last Modified: 02 May 2017 02:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6902

Actions (login required)

View Item View Item