Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sd 3 Undaan Lor Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016

Al Ghofar, M Nurul Hakim (2017) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sd 3 Undaan Lor Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (768Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (243Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (324Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (587Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1670Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (256Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (164Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
                Download (166Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (645Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Latar Belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa Kelas IV SD 3 Undaan Lor Kudus yang ditunjukkan dari persentase ketuntasan belajar PKn kelas IV SD 3 Undaan Lor Kudus hanya sebesar 37,5% dengan nilai rata-rata 67,25 (KKM 75). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan hasil belajar PKn, aktivitas belajar PKn, dan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SD 3Undaan Lor Kudus? Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan peningkatan hasil belajar PKn, mendeskripsikan aktivitas belajar PKn, dan mendeskripsikan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SD 3 Undaan Lor Kudus materi globalisasi dengan diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Lokasi penelitian ini yaitu di SD 3 Undaan Lor Kudus dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 3 Undaan Lor tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 16orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar PKn, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn. Pada tahap prasiklus persentase ketuntasan hasil belajar siswa hanya 37,5% dengan rata-rata kelas 67,25, dan pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 56,25% dengan rata-rata kelas 70,31 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 75% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,25. Hasil aktivitas belajar siswa afektif pada siklus I memperoleh skor rata-rata 71,36% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 77,74% dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa psikomotorik pada siklus I memperoleh skor rata-rata 72,14% dengan kategori baik kemudian meningkat pada siklus II menjadi 78,19% dengan kategori baik. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 70,83% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 79,17% dengan kategori baik. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning materi globalisasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan guru kelas IV SD 3 Undaan Lor Kudus. Selanjutnya, saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa selalu memperhatikan apa yang disampaikan guru dan aktif dalam pembelajaran, guru dapat menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran PKn, dan kepala sekolah sebaiknya memfasilitasi dengan sumber dana dan alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
                      Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar PKn
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 02 May 2017 09:16
                      Last Modified: 02 May 2017 09:16
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6903

                      Actions (login required)

                      View Item