-, Sulastri (2017) Penerapan Model Group Investigation Berbantu Papan Berpasangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Larikrejo. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
|
PDF (Bba 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (34MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (110kB) |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (Sidang)
PPT.pptx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model group investigation berbantuan papan berpasangan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi operasi bilangan bulat bagi siswa kelas IV SD 1 Larikrejo. Model group investigation merupakan salah satu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk menggali pengetahuan yang sedalam–dalamnya tentang suatu topik di setiap kelompoknya supaya memperoleh pemahaman berdasarkan pengalamannya, karena dalam sintak model group investigation ini: (1) mengidentifikasi topik dan mengatur siswa dalam kelompok, (2) merencanakan tugas yang akan dipelajari, (3) melakukan investigasi, (4) menyiapkan laporan akhir, (5) mempresentasikan laporan akhir, dan (6) evaluasi. media papan berpasangan dalam penelitian ini yaitu seperangkat benda konkret yang dibuat, dirancang dan disusun, terdiri dari lajur/baris positif dan negatif dan digunakan untuk membantu menanamkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Pada penelitian ini lajur positif diwakili oleh lubang berwarna kuning, dan lubang warna biru untuk lajur bilangan negatif. Satu pasang bilangan positif dan negatif nilainya netral (nol). Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model group investigation berbantuan papan berpasangan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika materi operasi bilangan bulat di kelas IV SD 1 Larikrejo. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Larikrejo kecamatan Undaan Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Variabel bebas adalah model group investigation berbantu papan berpasangan. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa instrumen tes, instrumen wawancara, dan instrumen observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika yang cukup signifikan antara siklus I 65,2% dengan rata-rata nilai siswa 76,8 dan meningkat pada siklus II menjadi 78,2% dengan rata-rata nilai siswa 83,3. Hasil keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I 3,04 (baik) dan siklus II 3,77 (sangat baik). Selain itu peningkatan pemahaman konsep matematikasiswa juga didukung olehpeningkatan aktivitas siswa dalam melakukan investigasi pada siklus I 3,05 (baik) dan siklus II 3,21 (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD 1 Larikrejo, dapat disimpulkan bahwa penerapan model group investigation berbantu Papan Berpasangan dapat meningkatkan pemahaman konsep Matematika siswa kelas IV SD 1 Larikrejo Undaan Kudus dan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran serta dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Sebaiknya siswa dalam melakukan investigasi seharusnya saling bekerjasama, bertukar pendapat untuk menyelesaikan tugas investigasinya. Guru harus membimbing siswa secara merata dan memberikan motivasi pada siswa. Sekolah hendaknya mendukung guru dalam mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan menarik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Drs. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Group Investigation, Papan Berpasangan, Pemahaman Konsep Matematika, Bilangan Bulat |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 02 May 2017 02:23 |
Last Modified: | 02 May 2017 02:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6904 |
Actions (login required)
View Item |