Penerapan Model Group Investigation Berbantu Papan Berpasangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Larikrejo

-, Sulastri (2017) Penerapan Model Group Investigation Berbantu Papan Berpasangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Larikrejo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1020Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (155Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (331Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bba 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (265Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (32Mb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (187Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (98Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (108Kb)
                  [img] PDF (lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to hanya untuk Staf Repositori

                  Download (17Mb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (305Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model group investigation berbantuan papan berpasangan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi operasi bilangan bulat bagi siswa kelas IV SD 1 Larikrejo. Model group investigation merupakan salah satu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk menggali pengetahuan yang sedalam–dalamnya tentang suatu topik di setiap kelompoknya supaya memperoleh pemahaman berdasarkan pengalamannya, karena dalam sintak model group investigation ini: (1) mengidentifikasi topik dan mengatur siswa dalam kelompok, (2) merencanakan tugas yang akan dipelajari, (3) melakukan investigasi, (4) menyiapkan laporan akhir, (5) mempresentasikan laporan akhir, dan (6) evaluasi. media papan berpasangan dalam penelitian ini yaitu seperangkat benda konkret yang dibuat, dirancang dan disusun, terdiri dari lajur/baris positif dan negatif dan digunakan untuk membantu menanamkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Pada penelitian ini lajur positif diwakili oleh lubang berwarna kuning, dan lubang warna biru untuk lajur bilangan negatif. Satu pasang bilangan positif dan negatif nilainya netral (nol). Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model group investigation berbantuan papan berpasangan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika materi operasi bilangan bulat di kelas IV SD 1 Larikrejo. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Larikrejo kecamatan Undaan Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Variabel bebas adalah model group investigation berbantu papan berpasangan. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa instrumen tes, instrumen wawancara, dan instrumen observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika yang cukup signifikan antara siklus I 65,2% dengan rata-rata nilai siswa 76,8 dan meningkat pada siklus II menjadi 78,2% dengan rata-rata nilai siswa 83,3. Hasil keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I 3,04 (baik) dan siklus II 3,77 (sangat baik). Selain itu peningkatan pemahaman konsep matematikasiswa juga didukung olehpeningkatan aktivitas siswa dalam melakukan investigasi pada siklus I 3,05 (baik) dan siklus II 3,21 (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD 1 Larikrejo, dapat disimpulkan bahwa penerapan model group investigation berbantu Papan Berpasangan dapat meningkatkan pemahaman konsep Matematika siswa kelas IV SD 1 Larikrejo Undaan Kudus dan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran serta dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Sebaiknya siswa dalam melakukan investigasi seharusnya saling bekerjasama, bertukar pendapat untuk menyelesaikan tugas investigasinya. Guru harus membimbing siswa secara merata dan memberikan motivasi pada siswa. Sekolah hendaknya mendukung guru dalam mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan menarik.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Utaminingsih, M.Pd
                      Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Papan Berpasangan, Pemahaman Konsep Matematika, Bilangan Bulat
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 02 May 2017 09:23
                      Last Modified: 02 May 2017 09:23
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6904

                      Actions (login required)

                      View Item