Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Pada Ipa Materi Peredaran Darah Di Sd 04 Jekulo

Putri, Tiffani Utami (2017) Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Pada Ipa Materi Peredaran Darah Di Sd 04 Jekulo. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (532kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (944kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (323kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang)
PPT_SIDANG_SKRIPSI.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam menerapkan model Creative Problem Solving pada mata pelajaran IPAmateriperedaran darah manusia siswa kelas V SD 04 Jekulo dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA materi peredaran darah manusia Berpikir kreatif merupakan suatu pola berpikir yang prosesnya mengajak kita keluar dan melepaskan diri untuk menemukan tentang cara baru dan tidak biasa sehingga tercipta ide atau solusi yang baik. Creative Problem Solvingmerupakan suatu model pembelajaran yang membutuhkan cara berpikir secara kreatif untuk memecahkan masalah yang dihadapi secara positif artinya, siswa diberikan masalah atau menemukan masalah sendiri melalui proses pembelajaran. Kemudian siswa merumuskan masalah dan menemukan jalan keluarnya sendiri untuk memecahkan masalah. Dengan begitu, hal ini akan melatih siswa lebih siap jika dihadapkan kembali dengan masalah baru karena telah berpengalaman menyelesaikan masalah. Dan rasa ingin tahu untuk menyelesaikan masalah pun akan meningkat sehingga siswa menjadi lebih giat untuk belajar. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas V SD 04 Jekulo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 37 siswa.Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokuentasi dan tes. Hasil penelitian melalui penerapan model Creative Problem Solving, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I (81%) ke siklus II (94%). Selain itu peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD 04 Jekulo dari siklus I (71%) dan siklus II (78%). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Creative Problem Solving dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD 04 Jekulo. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V SD 04 Jekulo dapat disimpulkan bahwa penerapan model Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA materi peredaran darah manusia pada siswa kelas V SD 04 Jekulo dan penerapan model Creative Problem Solving dapat meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran IPA materi peredaran drah manusia di kelas V SD 04 Jekulo. Untuk itu disarankan, guru perlu menerapkan model pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan inovatif salah satunya model pembelajaran Creative Problem Solving untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Sri Utamingsih, M.Pd
Kata Kunci: Pembelajaran,Creative Problem Solving, Berpikir Kreatif, IPA.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 02 May 2017 02:30
Last Modified: 02 May 2017 02:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6905

Actions (login required)

View Item View Item