Penggunaan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sdn Sitiluhur 02

Fitriyani, Hana (2017) Penggunaan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sdn Sitiluhur 02. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (456kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (530kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (430kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
Download (133kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (17MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (528kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanuntuk mendeskripsikanpeningkatanketerampilan guru dalammengelolakegiatanpembelajarandan menemukanpeningkatanhasilbelajarsiswakelas V padamatapelajaran IPS di SDNSitiluhur 02 Gembong Patidalammenerapkan model Snowball Throwing. Model pembelajaranSnowball Throwingmerupakan model yang pembelajaran yang diadaptasidaripermainanfisikdimanasegumpalsaljudilempardenganmaksudmemukul orang lain, yang terdiridari: menyampaikanmateri, membentukkelompok, memberikanpenjelasanmateripadaketuakelompokuntukkemudiandisampaikankepadaanggotakelompoknya, berdiskuikemudianmembuatsatupertanyaanuntuksetiapsiswa, membentukkertasberisipertanyaanmenyerupai bola kemudiandilemparpadasiswa lain, memberikanevaluasi, danpenutup. Sedangkanhasilbelajar IPS merupakanhasilataupenilaian yang diterimaolehsiswadarikegiatanpembelajaran IPS yang telahdilakukandanditerimapadasaatkegiatanpembelajaranselesaidenganmateriPerjuanganMempersiapkankemerdekaan IndonesiauntuksiswakelasV SDN Sitiluhur 02 Gembong Pati. Penelitiantindakankelasini dilakukan di kelas V SDN Sitiluhur 02dengansubjekpenelitian guru dan15 orang siswa.Penelitianiniberlangsungdalamduasiklus, dimanapadasetiapsiklusterdiriatasempattahapanyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasadalah model Snowball Throwing, sedangkanvariabelterikatadalahhasilbelajaryang meliputiranahsikap, pengetahuan, danketerampilan. Instrumenyang digunakandalampenelitianiniadalahpedomanwawancara, pedomanobservasi, tes, dandokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwadenganmenggunakan model Snowball Throwingdapatmeningkatkanketerampilanmengajar guru dan hasilbelajarsiswadalampembelajaran IPS. Padasiklus I keterampilan guru memperolehskor rata-rata 90,5 dengan persentase 72,98%yang tergolongdalamkategoribaik.Padasiklus II nilai rata-rata keterampilanmengajar guru menjadi100,5 dengan persentase 81,04% yang tergolong dalam kategori sangat baik.Padasiklus I nilai rata-rata hasilbelajarsiswaadalah68,33denganketuntasanbelajarklasikal 66,67%. Padasiklus II nilai rat-rata hasilbelajarsiswamenjadi 79,67denganketuntasanbelajarklasikal 86,67%. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadasiswa kelas V SDN Sitiluhur 02 Gembong Pati dapatdisimpulkanbahwamelalui model Snowball Throwing dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS. Peneliti memberikan saran kepada: (1) siswa,hendaknyaaktifdalammengikutikegiatanpembelajaran; (2) guru, dalam proses pembelajaranperlumenerapkansuatu model pembelajaran yang inovatifuntukmenciptakansuasanabelajar yang menarikdanmenyenangkanuntuksiswa; (3) sekolah, memotivasidanmelengkapisaranaprasarana guru untukmendukungdanmeningkatkanketerampilan guru dalamkegiatanpembelajaran; (4) peneliti lain, peneliti yang akanmenerapkan model yang samayaitu model Snowball Throwingdiharapkan agar lebihbaiklagidalampersiapan, penerapandanpengelolaandalamkegiatanpembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Masturi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Snowball Throwing, HasilBelajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 May 2017 02:45
Last Modified: 02 May 2017 02:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6906

Actions (login required)

View Item View Item