Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Model Example Non Example Berbantuan Media Gambar Animasi Siswa Kelas V Sdn 1 Sengonbugel Jepara

Hikmah, Durrotul (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Model Example Non Example Berbantuan Media Gambar Animasi Siswa Kelas V Sdn 1 Sengonbugel Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1281Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (191Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (301Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (303Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1437Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (202Kb) | Request a copy
              [img] PDF (bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (164Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
                Download (227Kb)
                  [img] PDF (lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (622Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi dengan model Example Non Example berbantuan media gambar animasi siswa kelas V SDN 1 Sengonbugel Jepara. Dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis narasi pada kelas V SDN 1 Sengonbugel Jepara dan cara pembelajaran yang disampaikan guru masih bersifat teacher centre learning. Untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi diperlukan strategi pembelajaran yang tepat seperti menggunakan model Example Non Example berbantuan media gambar animasi. Tujuan penelitian ini adalah 1). Mengetahui penerapan model Example Non Example berbantuan media gambar animasi dalam meningkatkan keterampilan guru, 2). Mengetahui penerapan model Example Non Example berbantuan media gambar animasi dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. 3). Mengetahui penerapan model Example Non Example berbantuan media gambar animasi dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Sengonbugel Jepara dengan subjek penelitian dengan jumlah 20 siswa yang terdiri 7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan kondisi awal ketuntasan hasil belajar prasiklus sebesar 40%, pada siklus I naik menjadi 55%, dan pada siklus II naik lagi menjadi 85%. Aktivitas belajar klasikal pada siklus I 47,50% dan pada siklus II 79,09% meningkat dengan kategori sangat baik. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan, siklus I mendapat persentase 79,5% dan siklus II mendapat persentase 90,5% dengan kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media gambar animasi dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan menulis siswa. Sarannya diharapkan para peneliti selanjutnya dapat mengembangkan model pembelajaran yang lain serta media sehingga keterampilan menulis siswa dapat meningkat.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
                      Uncontrolled Keywords: Example Non Example, Keterampilan Menulis Narasi, Gambar Animasi
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 02 May 2017 09:59
                      Last Modified: 02 May 2017 09:59
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6908

                      Actions (login required)

                      View Item