Nurhidayah, Riska (2017) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Keliling Dan Luas Jajargenjang Dan Segitiga Mengggunakan Model Discovery Learning Berbantu Media Manipulatif Kelas Iv Sd 4 Panjunan. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (318kB) |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (997kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (232kB) |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (sidang)
PPT_SIDANG.pptx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuanpenelitianiniadalah (1) mengetahuipeningkatanpemahamankonsepsiswaKelas IV SD 4 Panjunandalammenemukankonsepkelilingdanluasjajargenjangdansegitigadenganmenerapkan model Discovery Learningberbantu media manipulatif. (2) mengetahuipeningkatanketerampilanmengajar guru menggunakan model Discovery LearningpadamatapelajaranmatematikamateriKelilingdanLuasJajarGenjangdanSegitiga.(3) mengetahuipeningkatanaktivitasbelajarsiswamenggunakan model Discovery LearningpadamateriKelilingdanLuasJajarGenjangdanSegitiga. Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan seorang siswa dalam memahami suatu konsep yang terdapat pada materi matematika yang sedang mereka pelajari. untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam dalam memahami konsep matematika. Discovery Learning adalah sebuah model yang dapat menuntun siswa untuk menentukan materi atau konsep tertentu selama proses pembelajaran. Media manipulatif merupakan objek fisik yang dapat dimanipulasi dengan tangan melalui kegiatan memutar, memindah, dan memotong suatu alat peraga menjadi sebuah bentuk yang baru untuk menemukan sebuah konsep matematika. Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelas (PTK) dengansubjekpenelitianadalahpeneliti yang sekaligusberperansebagai guru sertasiswakelas IV SD 4 Panjunan yang berjumlah 321 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahap, yaituperencanaan,pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahModel Discovery Learning Berbantu Media manipulatif.SedangkanvariabelterikatnyaadalahPemahamanKonsepMatematikaMateriKelilingdanLuasJajarGenjangdanSegitiga.Pengumpulan data dalampenelitianinidilakukandengantekniktes, wawancara, observasi, dandokumentasi.Analisis data yang digunakanmerupakananalisis data kuantitatif yang diperkuatdengan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman konsep matematika pada tahap pra siklus memperoleh persentase 60,7% dengan kriteria cukup pada siklus I memperoleh persentase 64,9%% dengan kriteria baik meningkat 78,2% dengan kriteria baik pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 73,9% dengan kriteria baik meningkat menjadi 83,69% dengan kriteria baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 71% dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II dengan persentase 81,76%. Simpulanpenelitibahwapeningkatanpemahamankonsepmatematikapadamaterikelilingdanluasjajargenjangmengunakan model Discovery learningberbantu media manipulatifkelas IV SD 4 Panjunandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Saran dalampenelitianiniadalahdalam proses pembelajaran guru perlumenerapkansuatu model pembelajaranuntukmenciptakankondisibelajar yang menarikdanmenyenangkan. tidakkalahpentingjugapenggunaan media dalampembelajaranuntukmeningkatkanmotivasisiswadalammenemukansebuahkonsepUntuksiswahendaknyamendengarkandengansungguh-sungguhketika guru menjelaskanmateri, siswatidakbermain, berbicarasendiri, ataumenggangguteman lain yang sedangmendengarkanpenjelasan guru sertamengikutiarahan guru dalamkegiatanpembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | : Pemahaman Konsep, Discovery Learning, dan Media manipulatif |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 02 May 2017 03:15 |
Last Modified: | 02 May 2017 03:15 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6910 |
Actions (login required)
View Item |