Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantuan Kartu Kata Bergambar Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Sengonbugel Jepara

Wulandari, Ayu (2017) Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantuan Kartu Kata Bergambar Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Sengonbugel Jepara. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (663kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf - Accepted Version

Download (207kB)
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Sidang] Microsoft PowerPoint (Sidang)
PPT_SKRIPSI.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran concept sentence berbantuan kartu kata bergambar untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN 1 Sengonbugel Jepara. Dilatar belakangi oleh rendahya keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN 1 Sengonbugel Jepara diantaranya (1) Guru kurang variatif dalam menyampaikan materi pembelajaran pada saat mengajar. (2) Media pembelajaran kurang bervariasi (3) Kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis puisi masih kurang optimal. Untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi diperlukan strategi pembelajaran yang tepat seperti menggunakan model pembelajaran concept sentence berbantuan kartu kata bergambar. Tujuan penelitian ini adalah 1). Mengetahui penerapan model pembelajaran concept sentence berbantuan kartu kata bergambar dalam meingkatkan keterampilan guru. 2). Mengetahui penerapan model pembelajaran concept sentence berbantuan kartu kata bergambar dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa 3). Mengetahui penerapan model pembelajaran concept sentence berbantuan kartu kata bergambar dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Sengonbugel Jepara dengan subjek penelitian dengan jumlah siswa 20 yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanakan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kondisi awal ketuntasan hasil belajar prasiklus sebesar 40,00% pasda siklus I naik menjadi 65,00% dan pada siklus II naik lagi menjadi 95,00% dengan kategori sangat tinggi. Aktivitas belajar siswa klasikalpada siklus I 69,37% dan pada siklus II 75,80% dengan kategori baik. Keterampilan guru juga mengalami meningkatan siklus I mendapat presentase 80,56% dan siklus II mendapat presentase 95,83% dengan kategori sangat tinggi. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence berbantuan kartu kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, serta keterampilan menulis puisi siswa. Sarannya bagi peneliti lain, diharapkan mampu memicu perkembangnya pembelajaran bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Model PembelajaranConcept Sentence, Kartu Kata Bergambar, Keterampilan Menulis Puisi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 02 May 2017 03:20
Last Modified: 02 May 2017 03:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6911

Actions (login required)

View Item View Item