Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Tiruan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sainsmateri Pesawat Sederhana Kelas V Sd 4 Kesambi Kudus

Hamidah, Ummi Noor (2017) Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Tiruan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sainsmateri Pesawat Sederhana Kelas V Sd 4 Kesambi Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (260kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (885kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (564kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (269kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (199kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (203kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (19MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanuntuk(1) mengetahuipenerapanmetodeeksperimenpadamapel IPA materiperambatanpanasdanbunyipadakelasV SD 4 Kesambi Mejobo Kudus, (2) mengetahuipeningkatanketerampilan proses IPA melaluimetodedemonstrasimateripesawat sederhana berbantuan media tiruanpadakelas V SD 4 Kesambi Mejobo Kudus. Keterampilan Proses Sainsmerupakanketerampilan yang melibatkanintelektualyngmenuntutsiswauntukmenemukansuatukonsep, mengembangkanfaktaataupunmembuktikankebenaransuatuteori yang dikembangkanmelaluipengalaman-pengalamanlangsungsebagaipengalamanpembelajaran.Metodedemonstrasimerupakanmetodemengajardengancaramemperagakanbarang, kejadian, aturandanurutanmelakukansuatukegiatanbaiksecaralangsungmaupunmelaluipenggunaan media pengajaran yang relevandenganpokokmateri yang disajikan. Motodeiniakanditerapkandalammatapelajaran IPA materipesawatsederhanakelas V. Metodeinidibantuolehperagaan media bendatiruanberupatiruantuas, katrol, bidang miring danrodaberporos. Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahpenerapanmetodedemonstrasiberbantuan media tiruandapatmeningkatkanketerampilanguru,aktivitasdanketerampilan proses sainssiswadalampembelajaranIlmuPengetahuanAlammateripesawatsederhana di SD 4 Kesambi. Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasdengansubjeksiswakelas V SD 4 Kesambi yang dilaksanakanpadaOktober 2015- Februari 2017.Indikator keterampilan proses IPA antara lain: mengamati, menggunakan alat dan bahan, mengklasifikasikan, melakukan percobaan, menyimpulkan, mengaplikasikan, mengkomunikasikan, mengajukan pertanyaan. Dalampenelitianini, penelitimenggunakantesdanlembarpengamatansebagaialatukurdalamketerampilan proses. Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklusdenganmenggunakanmetodepengumpulan data berupawawancara, tes, observasi, dandokumentasi.Instrumen yang digunakanberupalembarwawancara,soalevaluasidanlembarobservasi. Teknikanalisis yang digunakanyaituteknikanalisis data kualitatifdankuantitatif. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmetodedemonstrasi berbantuan media tiruan dapatmeningkatkanketerampilan proses sains siswa, meningkatkanketerampilan guru dandapatmeningkatkanhasil belajar kognitif dan afektif siswa.Hal inidapatdibuktikanadanyapeningkatanketerampilan guru, hasil belajar kognitif dan afektif siswa, serta keterampilan proses sains siswa dengan rincian rata-rata keterampilan guru pada siklus I sebesar 77% (Baik) meningkat menjadi 82% (Baik) pada siklus II. Rata-rata keterampilan guru pada siklus I sebesar 78,5% (Baik) meningkat menjadi 83% (Baik) pada siklus II. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 62% (Baik) meningkat menjadi 82% (Sangat Baik) pada siklus II. Rata-rata hasil belajar afektif siswa pada siklus I sebesar 73% (Baik) meningkat menjadi 79% (Baik) pada siklus II. Sedangkan rata-rata keterampilan proses sains siswa pada pra siklus sebesar 25% (Kurang) meningkat menjadi 77% (Baik) pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 82% (Baik). Simpulanpadapenelitianiniadalahpembelajaranmenggunakanmenggunakanmetodedemonstrasidapatmeningkatkanketerampilan guru, hasil belajar kognitif dan afektif, serta keterampilan proses sains siswa kelasV SD 4 Kesambi pada materi pesawat sederhana berbantuan media tiruan. Saran dalampenelitianinidiharapkanparapenelitilaindapatmengembangkanpembelajaranmenggunakanmetodedemonstrasilebihefektiflagiyaitudenganmemperhatikansintakpembelajarandanmemperhatikankarakterisitikmatapelajaranataujenismateri yang diajarkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan ProsesIPA, metodedemonstrasi,media benda tiruan, pesawat sederhana
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 May 2017 03:26
Last Modified: 02 May 2017 03:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6912

Actions (login required)

View Item View Item