Peran Karakteristik Individu sebagai Moderator Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan, dan Komitmen terhadap Loyalitas (studi pada nasabah bank syariah di Kabupaten Kudus)

Arwani, Mokhamad dan -, Taufik dan -, Masluri (2011) Peran Karakteristik Individu sebagai Moderator Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan, dan Komitmen terhadap Loyalitas (studi pada nasabah bank syariah di Kabupaten Kudus). [Laporan penelitian] (Submitted)

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL. JUDUL) - Submitted Version
Download (155Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Submitted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (188Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Submitted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (345Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Submitted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (212Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Submitted Version
          Restricted to hanya untuk Staf Repositori

          Download (436Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Submitted Version
            Restricted to hanya untuk Staf Repositori

            Download (12Kb) | Request a copy
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Submitted Version
              Download (75Kb) | Tinjau ulang
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (KUESIONER) - Submitted Version
                Download (78Kb) | Tinjau ulang
                  [img]
                  Tinjau ulang
                  PDF (LAMPIRAN (ANALISA)) - Submitted Version
                  Download (221Kb) | Tinjau ulang

                    Abstrak

                    Efforts to increase the number of Islamic bank customers as expected are still to do, among others: there are not many convensional bank customers who are interested in moving their accounts to the Islamic banks. The low growth of Islamic bank customers is because of the weak of Islamic bank customers. One of the important evidences of customer’s loyalty is satisfaction. When customers are satisfied, they will not hesitate to invite others to be the customers of the Islamic banks. The main focus of this research is to reveal and interpret the mediation role of the relationship marketing (trust and commitment) between satisfaction and loyalty, as well as to test the moderator role of individual characteristics in relation with the influence of satisfaction on loyalty. The analysis showed that customers who are satisfied will be loyal to Islamic banks if the customer have adequate educational background and knowledge about Islamic banking. The satisfied customers will enhance long-term relationship with the Islamic banks in form of mutual trust, good communication, and trust that the bank will provide good services. The satisfied customers will enhance the mutual trust and good communication, which eventually create customers loyalty. Usaha untuk meningkatkan nasabah bank syariah sesuai harapan masih sulit tercapai, hal ini disebabkan antara lain belum banyak nasabah bank konvensional yang berniat untuk memindahkan rekening mereka ke bank syariah. Rendahnya pertumbuhan nasabah bank syariah dikarenakan lemahnya loyalitas nasabah bank syariah. Salah satu yang menjadi bukti penting dari loyalitas nasabah adalah kepuasan. Ketika nasabah merasa puas, maka nasabah tidak akan segan merekomendasikan untuk mengajak orang lain turut serta menjadi nasabah bank tersebut. Fokus utama penelitian ini adalah mengungkapkan dan memaknai peran moderasi karakteristik individu dalam kaitannya dengan pengaruh kepuasan, kepercayaan, dan komitmen terhadap loyalitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa nasabah yang merasa puas akan loyal kepada bank syariah apabila nasabah punya pendidikan dan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai perbankan syariah. Nasabah yang puas akan meningkatkan hubungan jangka panjang dengan bank syariah dalam bentuk saling percaya, komunikasi berjalan dengan baik, bank syariah akan memberi pelayanan yang baik, karena nasabah yang puas akan meningkatkan saling percaya, berkomunikasi yang baik yang akhirnya akan menghasilkan loyalitas.

                    Tipe dokumen: Laporan penelitian
                    Uncontrolled Keywords: satisfaction, individual characteristics, trust, commitment, loyalty, Islamic bank, kepuasan, karakteristik individu, kepercayaan, komitmen, loyalitas nasabah bank syariah.
                    Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan > Perbankan
                    Divisions: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2)
                    Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
                    Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
                    Tanggal Deposit: 11 Feb 2012 08:40
                    Last Modified: 11 Feb 2012 08:40
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/70

                    Actions (login required)

                    View Item