Pengaruh Kualitas Produk, Keragaman Produk, Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Jati Jepara Furniture Kabupaten Jepara

Basyir, Ahmad (2012) Pengaruh Kualitas Produk, Keragaman Produk, Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Jati Jepara Furniture Kabupaten Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (145Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (90Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (145Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (160Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (281Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (61Kb) | Request a copy
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
              Download (48Kb) | Tinjau ulang

                Abstrak

                Keputusan membeli konsumen dipengaruhi oleh keterlibatan konsumen dan kepercayaan mereka. Semakin tinggi konsumen terlibat dalam upaya pencarian informasi produk, semakin besar dorongan konsumen untuk melakukan pembelian. Di sisi lain, konsumen semakin selektif di dalam melakukan pemilihan produk untuk dikonsumsi. Hal ini disebabkan oleh perkembangan arus informasi sehingga konsumen dapat menyerap informasi serta pengetahuan tentang keberadaan suatu produk dengan cepat. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh perusahaan agar para konsumen bisa tertarik kepada produk yang dihasilkan yakni kualitas produk, keragaman produk, desain produk dan harga. Kualitas produk adalah keadaan fisik, fungsi dan sifat produk bersangkutan yang dapat memenuhi selera dan kebutuhan konsumen dengan memuaskan sesuai nilai uang yang telah dikeluarkan. Keragaman produk juga mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk. Ketersediaan berbagai macam produk dengan ukuran dalam berbagai jenis produk, sehingga tidak akan mengecewakan konsumen yang berbeda dalam hal selera. Kreativitas yang diciptakan harus selalu dinamis dan berciri khas tersendiri. Identitas dan kreativitas harus terus dijaga, sehingga dapat terus menghasilkan produk dengan desain menarik sesuai dengan selera konsumen. Pengusaha furniture harus terus mengembangkan produk baru. Penetapan harga oleh perusahaan atas barang dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen haruslah dipertimbangkan matang-matang dan ketepatan dalam penentuan harga akan mempengaruhi kelangsungan hidup suatu usaha. Subyek penelitian adalah konsumen yang melakukan pembelian pada Jati Jepara Furniture. Dalam penelitian ini terdapat satu variabel terikat dan empat variabel bebas. Masing-masing variabel sebelum dianalisis terlebih dahulu diadakan pengukuran variabel dengan skala linkert 1-5. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Kepada setiap responden diminta memberikan pendapat atau pandangannya terhadap pertanyaan yang diajukan. Dari pertanyaan tersebut disediakan lima jawaban sebagai tolok ukur dengan menggunakan skor. Untuk jawaban sangat setuju diberi skor 5, setuju diberi skor 4, jawaban netral diberi skor 3, jawaban tidak setuju diberi skor 2, dan jawaban sangat tidak setuju diberi skor 1. Selanjutnya dilakukan analisis regresi parsial dan berganda. Berdasarkan pengujian secara parsial diketahui bahwa variabel kualitas produk, keragaman produk, desain produk, dan harga memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian pada produk Jati Jepara Furniture. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis variabel kualitas produk yang menunjukkan bahwa nilai t hitung = 3,787, variabel keragaman produk nilai t hitung = 2,614, variabel desain produk = 3,464, harga = 2,477 ternyata lebih besar dari t tabel = 1,661. Ada pengaruh signifikan antara variabel kualitas produk, keragaman produk, desain produk dan harga secara berganda atau bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk Jati Jepara Furniture. Hal ini dibuktikan dari hasil uji F test, yang ternyata nilai dari F hitung = 68,079 lebih besar jika dibandingkan dengan F tabel = 2,47. Variabel kualitas produk, keragaman produk, desain produk dan harga memberikan kontribusi sumbangan sebesar 73% terhadap keputusan pembelian, dan ada variabel independen di luar model regresi ini yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 27%. Variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap variabel keputusan pembelian adalah variabel kualitas produk. Hal ini dibuktikan dari persamaan regresinya adalah: Y = 0,261 + 0,321kualitas +0,245 keragaman produk+0,248desain produk +0,180 harga + e (27%) E. Daftar Pustaka (16 buah) : 2000-2011

                Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                Additional Information: Pembimbing 1 = Dr. H. Mochamad Edris, MM Pembimbing 11 = Ratih Hesty Utami, P. SE.MM
                Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri
                Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Psikologi industri
                Teknologi > Manufaktur > Teknologi kayu. > Produk dari kayu. Furnitur. Perabot rumah tangga
                Teknologi > Manufaktur > Teknologi kayu.
                Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
                Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
                Tanggal Deposit: 11 Jan 2013 09:52
                Last Modified: 11 Jan 2013 09:52
                URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/702

                Actions (login required)

                View Item