Karakterisasi Kampas Rem Tromol Sepeda Motor Berbahan Komposit Serbuk Arang Kelapa Sawit Serat Ampas Tebudan Caco3dengan Pengikat Resin Epoxi

-, Sugiharto (2017) Karakterisasi Kampas Rem Tromol Sepeda Motor Berbahan Komposit Serbuk Arang Kelapa Sawit Serat Ampas Tebudan Caco3dengan Pengikat Resin Epoxi. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (939kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (115kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang)
UJIAN_AKHIR_SIAP_PRINT.ppt - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Salah satu dari pengembangan kampas rem saat ini dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan dengan meningkatkan nilai ekonomis dari bahan komposit. Kampas rem berfungsi menghentikan laju kendaraan pada saat berjalan dan mengurangi kecepatan kendaraan saat melaju pada jalan datar maupun menurun.Maka dari itu peneliti mengembangkan kampas rem yang ramah lingkungan yang dapat berdaya saing, dengan harga yang terjangkau, dengan kwalitas yang sebanding dengan kampas rem pasaran. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui nilai kekerasan nilai keausan dan foto makro kampas rem mer-x dan kampas rem komposit. Metode yang digunakan dengan membuat kampas rem berbahan serbuk arang kelapa sawit serat ampas tebu dan CaCO3dengan pengikat resin epoxi, dilakukan kompaksi sebesar 150 kg/cm2 dengan holding time 15 menit, dilakukan sintering 150 0C selama 30 menit. Dilakukan Pengujian Kekerasan, pengujian keausanOgoshi dan foto struktur makro pembesaran 50x. pembanding kampas rem yang digunakan merk-x. Didapatkan hasil pengujian kekerasan sebesar 70,2 (HV) merk-x dan 65,8 (HV) untuk kampas komposit. Nilai keausan kampas rem merk-x sebesar 0,65 mm, kampas rem komposit serbuk arang kelapa sawit serat ampas tebu dan CaCO3 dengan pengikat resin epoxi mendapatkan nilai keausan 0,6 mm. Hasil foto makro menunjukkan kepadatan kampas rem merk-x lebih padat dari kampas rem komposit serbuk arang kelapa sawit serat ampas tebu -CaCO3 dengan pengikat resin epoxi.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Pembimbing: Sugeng Slamet, ST.,MT
Uncontrolled Keywords: Arang Kelapa Sawit, Ampas Tebu, CaCO3, Komposit, Ogoshi, Resin Epoxi, Rockwell.
Subjects: Teknologi > Teknologi (umum)
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Mesin
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 06 May 2017 07:26
Last Modified: 06 May 2017 07:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7038

Actions (login required)

View Item View Item