Studi Pemasaran pada Sentra Tepung Tapioka di Desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati

Arifin, Zaenal (2012) Studi Pemasaran pada Sentra Tepung Tapioka di Desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1057Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (553Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (2499Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (474Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (8Mb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (164Kb) | Request a copy
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
              Download (164Kb) | Tinjau ulang
                [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (630Kb) | Request a copy

                  Abstrak

                  Pengembangan usaha yang dilaksanakan dengan mempertimbangkan potensi sumber daya yang dimiliki di Kabupaten Pati, Salah satunya adalah pengembangan usaha yang ada di Desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati, sebagai sentra penghasil tepung tapioka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perkembangan usaha tepung tapioka ini ditinjau dari studi pemasaran. Banyaknya jenis usaha yang sejenis membawa dampak terhadapa kebijakan dalam setiap pengambilan keputusan dalam segala bidang, khususnya pemasaran. Oleh karena itu dengan menggunakan pendekatan teori Bauran Pemasaran ( marketing mix) meliputi: Produck, Price, Place, dan Promosion. Populasi penelitian ini berjumlah 102 pemilik usaha yang berada di Desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Metode pendekatan yang digunakan ini bersifat deskriptif kualitatif artinya hasil penelitian ini berusaha memberikan gambaran secara menyeluruh, mendalam tentang suatu keadaan atau gejala yang diteliti. Pengolahan data menggunakan editing dan tabulasion. Data primer diambil dari wawancara dan pengamatan, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dengan cara studi kepustakaan dan kajian dokumen. Berdasarkan penelitian ini telah didapatkan bahwa produk yang diinginkan konsumen adalah tepung tapioka yang kering dan berwarna putih bersih dan dari bahan ketela yang baik pula. Masih banyak pemilik yang belum memberikan merek kepada produknya. Untuk jumlah produksi yang dihasilkan masih terbatas dan banyak pemilik usaha yang belum bisa memproses produknnya dengan kualitas Grade A dijual dari tempat usaha Rp. 3.950/kg, Grade B Rp. 3.550/kg dan C Rp. 2.400/kg, sedangkan untuk produk sampingannya yang berupa ampas dijual sekitar Rp. 1.200.000 sampai dengan Rp. 1.500.000 /back truk. Produk sampingan (limbah padat) digunakan sebagai makanan ternak. Proses saluran distribusinya para pemilik usaha melakukannya dengan mengunakan Saluran Produsen - Agen – Distributor Industri - Pemakai Industri, dan dan Produsen - Pedagang besar - Pengecer – Konsumen. Adapun daerah pemasaranya meliputi Sidoarjo, Tuban, Solo,Yogjakarta, Bandung, Jawa Tengah dan hampir seluruh pulau jawa Promosi yang dilakukan dengan menggunakan personal selling dan publisitas. Hal ini dikarenakan skala usaha yang dimiliki masih belum memperlukan bentuk – bentuk promosi yang lain untuk menghemat biaya produksi.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: Pembimbing 1 = Drs. H. Masluri, MM pembimbing 11 = Drs. H. Chanafi Ibrahim, MM
                  Uncontrolled Keywords: tepung tapioka, Bauran Pemasaran (produk, harga, distribusi dan promosi
                  Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri
                  Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Pemasaran. Distribusi produk
                  Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
                  Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
                  Tanggal Deposit: 10 Jan 2013 09:36
                  Last Modified: 10 Jan 2013 09:36
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/704

                  Actions (login required)

                  View Item