Sukiman, - and Nisa, Aisyah Nur Sayidatub and Oktavianti, Ika (2012) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division dalam Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar SD Negeri di Kabupaten Kudus. [Experiment] (Unpublished)
Preview |
PDF (Sampul)
Sampul.pdf - Accepted Version Download (95kB) |
PDF (Hal. Judul)
Hal._Judul.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab I)
BAB_I_____________________________________________________________________________________________________________PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (626kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (554kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (188kB) |
Abstrak
Sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas, kondisi pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Barongan dirasa kurang memadai. Hal ini disebabkan beberapa faktor, yaitu model pembelajaran masih menggunakan metode konvesional yaitu dengan metode ceramah. Akibatnya siswa tidak fokus dalam menerima materi, sehingga pada saat diberikan soal-soal ulangan harian, siswa kurang memahami pertanyaan. Siswa cenderung pasif dan tidak memiliki keberanian untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif dan afektif siswa sangat rendah. Berpijak pada kondisi inilah selanjutnya dilakukan penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 3 Barongan? (2) Bagaimana implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 3 Barongan? (3) Bagaimana proses evaluasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 3 Barongan? Tujuan yang dicapai yaitu: (1) Mendiskripsikan perencanaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 3 Barongan. (2) Mengkaji implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 3 Barongan. (3) Menganalisis proses evaluasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 3 Barongan. Cooperative Learning tipe STAD merupakan suatu model pembelajaran yang paling sederhana dan merupakan metode yang paling baik untuk permulaan bagi seorang guru, model ini membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman dan sikapnya sesuai dengan kehidupan nyata yaitu dengan mengaplikasikan suatu pembelajaran berkelompok dimana kelompok-kelompok tersebut diharapkan dapat memecahkan masalah-masalah atau menyelesaikan tugas-tugas untuk mencapai tujuan bersama. Penelitian ini dilaksanakan di pada bulan September sampai Desember 2012 menggunakan metode kualitatif kuantitatif Penelitian Tindakan Kelas. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V di SD Negeri 3 Barongan. Tehnik pengumpulan data dengan teknik observasi partisipatif dan aktivitas kelas, pengukuran hasil tes dan metode dokumentasi. Hasil analisis data penelitian adalah diperoleh bahwa STAD berbantuan bimbingan guru dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa baik dari segi aktivitas di kelas maupun kemampuan siswa sendiri pada saat tes akhir setiap siklusnya. Skor rata-rata tes prestasi belajar siswa sebesar 83, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus 2 sudah baik dan memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Pelaksanaan dan pengelolaan pembelajaran IPS dengan metode STAD berbantuan bimbingan guru pada siklus 2 sudah baik bahkan terjadi peningkatan sebesar 1,86. Sedangkan berdasarkan hasil observasi dari lembar pengamatan aktivitas siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 83,64. Ini juga menunjukkan terjadinya peningkatan skor aktivitas belajar IPS siswa sebesar 5,44. Sehingga semua indikator kinerja dalam penelitian ini sudah tercapai pada siklus 2.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Kata Kunci: | Cooperative Learning, STAD Keaktifan, Prestasi Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 12 Jan 2013 03:31 |
Last Modified: | 12 Jan 2013 03:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/726 |
Actions (login required)
View Item |