Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Melalui Model Stad Kelas Iv Di Sd 4 Loram Kulon

Indrayati, Novia Ajeng (2017) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Melalui Model Stad Kelas Iv Di Sd 4 Loram Kulon. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (468Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (280Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (456Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (518Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1754Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (294Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (204Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (130Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (10Mb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (532Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasi belajar Pkn materi globalisasi melalui model STAD. Model STAD (Student Team Achievement Division) adalah merupakan model pembelajaran kooperatif yang menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota 4-5 orang siswa secara heterogen, diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaan, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis dan penghargaan kelompok. Penelitian tindakan kelas berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi , refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 4 Loram Kulon yang berjumlah 18 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model STAD dan variabel terikat adalah adalah pembelajaran PKn materi Globalisasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan model STAD dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata 73,6% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II menjadi 81%dengan kualifikasi baik . Aktivitas siswa ranah afektif pada siklus I diperoleh rata-rata 66,4% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 77% dengan kualifikasi baik dan Aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus Idiperoleh rata-rata 65% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 76,3% dengan kualifikasi baik . Hasil belajar siswa meningkat dilihat dari kondisi pra siklus ketuntasan klasikal sebesar 33% kurang dengan rata-rata 65,27, meningkat pada siklus I sebesar 72% dengan kualifikasi baik dengan rata-rata 75 dan siklus II sebesar 83% dengan kualifikasi baik dengan rata-rata 78. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelasyang dilaksanakan pada kelas IV di SD 4 Loram Kulon dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model STADdapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswapada pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV di SD 4 Loram Kulon. Peneliti menyarankan pada guru agar menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktivan siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Drs. Sucipto, M.Pd.Kons
                      Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Globalisasi,STAD
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 19 Jul 2017 12:16
                      Last Modified: 19 Jul 2017 12:16
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7301

                      Actions (login required)

                      View Item