Circuit Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Purwaningrum, Jayanti Putri (2016) Circuit Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. In: Prosiding Seminar nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2016: berfikir kritis dan kreatif dalam matematika untuk kontribusi ekonomi bangsa. Prodi Pendidikan matematika, Fakultas MIPA, Universitas PGRI Semarang, Semarang, pp. 136-142. ISBN 978-602-0960-40-1

[thumbnail of Sampul]
Preview
Image (JPEG) (Sampul)
1._SAMPUL_UPGRIS.jpg - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi]
Preview
PDF (Daftar Isi)
2._DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
3._ARTIKEL_PROSIDING.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview

Abstrak

Matematika merupakan suatu ilmu yang penting untuk dipelajari. Hal ini disebabkan hampir semua bidang studi memerlukan matematika untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun matematika beroperasi berdasarkan aturan-aturan yang perlu dipelajari tetapi kegiatan belajar dalam matematika ditujukan lebih dari hanya dapat melakukan operasi matematika sesuai dengan aturan-aturan matematika yang diungkapkan dalam bahasa matematika. Dengan demikian, pada proses pembelajaran matematika sebaiknya guru dapat mengembangkan pandangan siswa terhadap matematika sebagai science tidak sebatas aljabar dan aritmetika. Beberapa siswa di sekolah dasar mengalami kesulitan belajar matematika, sementara siswa yang lainnya belajar matematika dengan mudah tanpa mengalami kesulitan. Karakteristik siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika ditandai oleh ketidakmampuannya dalam memecahkan masalah. Dalam usaha penanggulangan kesulitan belajar matematika yang dialami siswa di sekolah dasar maka hal penting yang perlu dilakukan yaitu memilih model pembelajaran matematika yang menekankan pada keterlibatan siswa secara aktif dan menghindari proses pembelajaran yang monoton, kaku, dan otoriter. Pembelajaran dalam matematika yang memenuhi kriteria tersebut antara lain yaitu circuit learning. Circuit learning merupakan suatu proses pembelajaran dengan mengotimalkan daya pikir dan perasaan dengan pola repetition (pengulangan )dan adding (penambahan). Dengan pembelajaran tersebut diharapkan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih berkualitas dan efektif sehingga siswa dapat mengembangkan berbagai kemampuan matematis secara optimal. Mathematic is a knowledge that is important to be learnt. This is because almost all fields of study require mathematic to solve problem in a daily life. Although mathematic operates according to the rules that need to be learnt but the learning activity in mathematic is aimed more than just be able to committhe mathematical operation in accordance with the rules of mathematic expressed in mathematical language. Thus, in the mathematic learning process, teachers should be able to develop students' views of mathematic as a science which is not limited to algebra and arithmetic. Some elementary school students experience in mathematic learning difficulty, while the other students learn mathematic easily without any difficulties. The characteristic of students who have mathematic learning difficulty is characterized by the inability in solving the problem. In effort to tackle the mathematic learning difficulty experienced by students in elementary school then the important thing needs to do is choose the model of mathematic learning that emphasizes students involvement actively and avoid a monotonous learning process, rigid and authoritarian. Learning in mathematic that fulfills these criterias among others, is the circuit learning. Circuit learning is a process of learning by optimizing the power of thought and feeling with the repetition and addingpattern. By that learning,learning and teaching process is expected to be more qualified and effective so that students can develop a variety of mathematical ability optimally.

Item Type: Book Section
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Ilmu Murni > Matematika
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Noor Athiyah
Date Deposited: 05 Aug 2017 02:57
Last Modified: 05 Aug 2017 02:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7317

Actions (login required)

View Item View Item