Wanabuliandari, Savitri (2016) PENGENALAN BUDAYA LOKAL KOTA KUDUS MELALUI PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI. Prosiding Seminar Nasional "Implementasi Bimbingan dan konseling pada lembaga bimbingan anak Usia Dini dalam rangka peningkatan pendiidk dan tenaga pendiikan PAUD ". ISSN 978-602-1180-38-9
Preview |
Image (JPEG) (Cover)
COVER_PROSIDING.jpg - Published Version Download (207kB) | Preview |
Preview |
PDF (Hal. Depan)
HALAMAN_DEPAN_PROSIDING.pdf - Published Version Download (263kB) | Preview |
Preview |
PDF (artikel)
ISI(1).pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstrak
Makin terkikisnya nilai budaya bangsa dikarenakan kurangnya pengenalan, pemahaman, dan penerapan nilai budaya pada masyarakat. Pengenalan nilai budaya dapat dilakukan sejak usia dini. Mengingat anak usia dini tumbuh dan berkembang sesuai potensi dengan berdasarkan pada budaya yang berlaku di lingkungannya. Pendidikan dan budaya merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan, sehingga dalam mengenalkan nilai budaya pada anak usia dini dapat dilakukan dengan menerapkan pembelajaran etnomatematika. Pembelajaran etnomatematika adalah pembelajaran matematika berbasis budaya. Pembelajaran etnomatematika akan mengaitkan budaya lokal kota Kudus dengan pembelajaran matematika. Etnomatematika merupakan penghubung antara matematika dan budaya, sehingga diharapkan dengan penerapan pembelajaran etnomatematika anak akan lebih mudah memahami matematika karena terkait budaya yang ada di sekitar mereka. Selain itu, pendidik akan lebih mudah dalam menanamkan nilai budaya pada anak, sehingga nilai budaya yang merupakan bagian dari karakter bangsa dapat tertanam sejak dini
Item Type: | Article |
---|---|
Kata Kunci: | BK, PAUD, PGSD |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 04:16 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 04:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7333 |
Actions (login required)
View Item |