Pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Budgetary Slack dan Kinerja Manajerial dengan Informasi Asimetri, Budaya Organisasi dan Group Cohesiveness sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Kabupaten dan DPRD di Kabupaten Kudus)

Indriani, Selvia (2012) Pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Budgetary Slack dan Kinerja Manajerial dengan Informasi Asimetri, Budaya Organisasi dan Group Cohesiveness sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Kabupaten dan DPRD di Kabupaten Kudus). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (179kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab.I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (115kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (231kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (136kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (276kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (128kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (98kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (263kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh partisipasi anggaran terhadap budgetary slack, membuktikan secara empiris pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial, membuktikan secara empiris pengaruh informasi asimetri sebagai variabel pemoderasi terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dengan budgetary slack, membuktikan secara empiris pengaruh budaya organisasi sebagai variabel pemoderasi terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dengan budgetary slack, membuktikan secara empiris pengaruh group cohesiveness sebagai variabel pemoderasi terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dengan budgetary slack, membuktikan secara empiris pengaruh informasi asimetri sebagai variabel pemoderasi terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial, membuktikan secara empiris pengaruh budaya organisasi sebagai variabel pemoderasi terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial, membuktikan secara empiris pengaruh group cohesiveness sebagai variabel pemoderasi terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial. Sasaran penelitian adalah organisasi sektor publik di Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan mengambil sampel secara langsung ke responden. Hipotesis penelitian dianalisis dengan menggunakan Moderated Regresion Analisys (MRA), dengan bantuan SPSS 17.0. Hasil uji F menunjukkan bahwa partispasi anggaran, informasi asimetri, budaya organisasi dan group cohesiveness secara simultan berpengaruh terhadap budgetary slack dan kinerja manajerial. Hasil uji statistik t untuk menguji variabel dependen variabel independen partisipasi anggaran, interaksi informasi asimetri dengan partisipasi anggaran, interaksi budaya organisasi dengan patisipasi anggaran (moderasi 1), dan interaksi group cohesiveness dengan partisipasi anggaran (moderasi 2) terhadap variabel dependen budgetary slack seluruhnya menunjukkan signifikansi di bawah 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa variabel partispasi anggaran secara signifikan berpengaruh terhadap budgetary slack, variabel informasi terbukti momoderasi hubungan partisipasi anggaran dengan budgetary slack, variabel budaya organisasi secara signifikan memoderasi hubungan partsipasi anggaran dengan budgetary slack, serta variabel group cohesiveness secara signifikan terbukti memoderasi hubungan partisipasi anggaran dengan budgetary slack.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I = ASHARI, SE, MSI,AKT Pembimbing II = DENNYCA H.N.,SE,MSI
Uncontrolled Keywords: partisipasi anggaran, budgetary slack, kinerja manajerial, informasi asimetri, budaya organisasi, group cohesiveness
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik > Anggaran Pendapatan dan Pembelanjaan Pemerintah
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik > Keuangan lokal. Keuagan daerah. Meliputi pendapatan, pembelanjaan, dan anggaran pemerintah daerah.
Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri > Perilaku organisasi, perubahan dan efektifitas. Budaya korporasi.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 16 Jan 2013 06:27
Last Modified: 16 Jan 2013 06:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item View Item