Maulana, Ade (2012) Rancang Bangun Game Edukasi Huruf Hijaiyyah Pada Aplikasi Mobile. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (HAL JUDUL)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (953kB) |
Preview |
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK_INDONESIA.pdf - Accepted Version Download (64kB) |
PDF (BAB I)
BAB_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (775kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (235kB) |
Other (PROGRAM)
HurufHijaiyyah_ade.rar - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penggunaan telepon selular selain sebagai media komunikasi, juga menjadikannya sebagai media pembelajaran. Namun, keberadaaan game edukasi yang bertema islami dirasa masih kurang. Hal inilah yang melatar belakangi dibuatnya suatu game mobile yang bertema edukasi dengan pelajaran huruf hijaiyyah. Merancang game edukasi pada mobile tidaklah mudah. Dibutuhkan perancangan dan tindakan valid yang benar-benar untuk membangun suatu game edukasi untuk anak-anak yang dapat memberikan nilai edukatif di bidang pembelajaran huruf hijaiyyah. Media pembelajaran islami yang memberikan nilai edukatif harus dirancang dan dibangunkan suatu game yang bertema edukasi yang dapat dimainkan pada telepon selular dan didalamnya terdapat fasilitas pembelajaran huruf hijaiyyah. Tahap perancangan game edukasi huruf hijaiyyah diterapkan dengan konsep Waterfall dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java 2 Micro Edition (J2ME). Kegiatan pengujian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa rata-rata responden memberikan tanggapan sangat baik (A) dengan presentase 94,19%, artinya presentase tertinggi terdapat pada pilihan / tanggapan sangat baik (A). Hasil uji coba performance sistem tersebut bermaksud agar dapat membantu anak-anak dalam pembelajaran huruf hijaiyyah sekaligus bermain. Selain sebagai media pembelajaran, game edukasi ini juga berkontribusi dalam pelestarian budaya islam. Untuk selanjutnya game edukasi huruf hijaiyyah ini dapat dikembangkan lagi fitur-fitur dan materi yang terdapat didalamnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Subjects: | Teknologi > Teknologi (umum) > Teknik industri. Teknik manajemen > Sistem informasi manajemen |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Users 1245 not found. |
Date Deposited: | 16 Jan 2013 05:47 |
Last Modified: | 16 Jan 2013 05:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/774 |
Actions (login required)
View Item |