Pengaruh Prilaku Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa Akuntansi dengan Kecerdasan Emosional sebagai Varibel

Khoiruzzad, Moh (2012) Pengaruh Prilaku Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa Akuntansi dengan Kecerdasan Emosional sebagai Varibel. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (148kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab.I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (101kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (731kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (84kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (87kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (968kB) | Request a copy
[img] Archive (ZIP) (Aplikasi) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (111MB) | Request a copy

Abstrak

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perilaku belajar sedangkan prestasi belajar sebagai variable terikat dengan kecerdasan emosional sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas akuntansi yang semester 6 dan 8 yang berjumlah 215 orang. Sampel penelitian adalah 107 siswa, karena menggunakan metode estimasi maximum likehood dengan metode proporsional random sampling. Dalam pengumpulan data digunakan metode skala likert untuk perilaku belajar yang terdiri dari kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku, kunjungan ke perpustakaan, kebisaan menghadapi ujian, sedangkan kecerdasan emosional yang terdiri dari pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan kemampuan sosial. Untuk mengukur prestasi belajar siswa digunakan metode pemeriksaan dokumen dengan melihat nilai IPK. Berdasarkan hipotesis-hipotesis yang telah dikembangkan dalam penelitian ini, maka masalah penelitian yang telah diajukan dapat dijustifikasi melalui pengujian Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan AMOS 18 for windows. Pada pengujian hipotesis digunakan taraf signifikansi sebesar 5%, hal tersebut digunakan karena nilai C.R ≥ 1,96. Parameter estimasi antara perilaku belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi mahasiswa menunjukkan bahwa perilaku belajar mempengaruhi prestasi belajar sebesar C.R. = 3,224, dan kecerdasan emosional mempengaruhi prestasi akademik sebesar C.R. = 2,896. Parameter estimasi antara perilaku belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi mahasiswa menunjukkan bahwa perilaku belajar mempengaruhi prestasi belajar secara langsung sebesar 0,182, dan secara tidak langsung melalui kecerdasan emosional sebesar 0,144. Itu berarti bahwa kecerdasan emosional memediasi pengaruh perilaku belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi fakultas ekonomi Universitas Muria Kudus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I = Ashari,SE,Akt.,M.Si Pembimbing II = Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: perilaku belajar, kecerdasan emosional, prestasi akademik
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Akuntansi. Perbukuan.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 17 Jan 2013 05:44
Last Modified: 17 Jan 2013 05:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item View Item