Pengaruh Tiga Kecerdasan dan Problem Based Learning terhadap Pembelajaran Software Akuntansi

Wahyuni, Feri (2012) Pengaruh Tiga Kecerdasan dan Problem Based Learning terhadap Pembelajaran Software Akuntansi. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (295kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab.I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (23kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (110kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (126kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (348kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (73kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (52kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (280kB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji konsistensi penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Amilin dan Febrian (2011) mengenai pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan adversitas, serta metode problem based learning terhadap pembelajaran software akuntansi. Penelitian ini dikembangkan dari penelitian-penelitian terdahulu. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan adversitas, serta metode problem based learning dan variabel dependennya adalah hasil pembelajaran software akuntansi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa ekstensi / non reguler Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Muria Kudus, dimana pemilihan sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa yang telah mempelajari software akuntansi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan multiple regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun secara simultan terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan adversitas, serta metode problem based learning terhadap hasil pembelajaran software akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan pada mahasiswa untuk dapat mengembangkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan adversitas sejak dini karena hal tersebut dapat berkembang melalui proses pembelajaran secara terus-menerus. Pihak perguruan tinggi hendaknya hendaknya memperhatikan ketiga kecerdasan yang dimiliki mahasiswa. Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dan pendidikan pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dimiliki mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I = Wahidil, S.E., M.Si., Pembimbing II = Dennyca H.N., S.E.,
Uncontrolled Keywords: emosional, intelektual, adversitas, problem based learning
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Akuntansi. Perbukuan.
Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Sistem Informasi Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 19 Jan 2013 03:27
Last Modified: 19 Jan 2013 03:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/781

Actions (login required)

View Item View Item