Pengaruh Profesionalisme Auditor terhadap Tingkatan Material dalam Pemeriksaan Laporan Keuangan (Studi Empiris di Kantor Akuntan Publik Wilayah Semarang)

Vronika, Ira (2012) Pengaruh Profesionalisme Auditor terhadap Tingkatan Material dalam Pemeriksaan Laporan Keuangan (Studi Empiris di Kantor Akuntan Publik Wilayah Semarang). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (425kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab.I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (141kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (159kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (197kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (349kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab.V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (101kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (168kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy

Abstrak

Profesionalisme menjadi syarat utama bagi seseorang yang ingin menjadi seorang auditor eksternal. Sebab dengan profesionalisme yang tinggi kebebasan auditor akan semakin terjamin. Gambaran seorang auditor yang profesional dalam profesi dicerminkan dalam lima hal yaitu: pengabdian pada profesi, kewajiban sosial, kemandirian, keyakinan pada profesi, dan hubungan dengan rekan seprofesi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme auditor terhadap tingkat materialitas dalam pemeriksan laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah Akuntan atau lulusan jurusan akuntansi yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Wilayah Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Kuesioner yang dititipkan pada profesional yang bekerja di Kantor Akuntan Publik untuk kemudian dibagikan kepada auditor yang bekerja di kantor tersebut pada jangka waktu dilakukanya penelitian ini. Model analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Sebelum melakukan pengujian hipotesis, dilakukan pengujian dengan instrument yang meliputi uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji koefesien determinasi (r^2), uji signifikan parsial (Uji –t), dan uji signifikan simultan ( Uji-F). Pengujian yang dilakukan tersebut menggunakan bantuan paket program SPSS for Windows. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara pengaruh profesionalisme (lima dimensi) terhadap tingkat materialitas. Dari variabel pengaruh profesionalisme yaitu: pengabdian pada profesi, kewajiban sosial, kemandirian, keyakinan pada profesi, dan hubungan dengan sesama rekan seprofesi diperoleh hasil 0,000 < 0,05 yang berarti dari kelima variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap tingkat materialitas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I = Wahidil, SE, M.si, Akt. Pembimbing II = Dwi Soegiarto, SE, MM
Uncontrolled Keywords: Kunci :Profesionalisme dan Materialitas.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Akuntansi. Perbukuan.
Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Buruh. Pekerjaan, Kelas Pekerja. > Profesi (Umum). Pekerja profesional
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 19 Jan 2013 04:00
Last Modified: 19 Jan 2013 04:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item