Peningkatan Kemampuan Disposisi Matematika Melalui Model Realistic Mathematics Education (Rme) Berbantuan Permainan Mamun Tebal Pada Materi Bilangan Bulat Di Sd N 01 Tugu Lor

Wijayanti, Dwi Indah (2017) Peningkatan Kemampuan Disposisi Matematika Melalui Model Realistic Mathematics Education (Rme) Berbantuan Permainan Mamun Tebal Pada Materi Bilangan Bulat Di Sd N 01 Tugu Lor. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (cover)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (515kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penerapan model RMEberbantuan permainan mamun tebal dapat meningkatkan disposisi matematika materi bilangan bulat; (2) mengetahui model RMEberbantuan permainan mamun tebal dapat meningkatkan keterampilan guru pada mata pelajaran matematika materi bilangan bulat; (3) mengetahui model RMEberbantuan permainan mamun tebal dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan MC.Taggart yang dilakukan di kelas IV SD N 01 Tugu Lor dengan subjek 24 peserta didik dan guru yang berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Variabel bebas adalah Model RME berbantu permainan mamun tebal. Variabel terikat adalah disposisi matematika. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket skala disposisi. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan angket disposisi matematika peserta didik pada materi bilangan bulat yang cukup signifikan yaitu siklus I (73,55%) dengan kriteria baik, dan siklus II (82,62%) dengan kriteria sangat baik, didukung dengan peningkatan observasi disposisi matematika peserta didik pada materi bilangan bulat yang cukup signifikan yaitu siklus I (67,69%) dengan kriteria baik, dan siklus II (81,29%) dengan kriteria sangat baik, terdapat pula keterampilan guru pada saat proses pembelajaran dengan siklus I (73,03%) dengan kriteria baik dan siklus II (89,90%) dengan kriteria sangat baik, dan didukung dengan prestasi belajar peserta didik pada siklus I (70,83%), dan siklus II (87,5%). Hal itu membuktikan bahwa penerapan Model RME berbantuan permainan mamun tebal dapat meningkatkan disposisi matematika, keterampilan guru serta prestasi belajar peserta didik pada materi bilangan bulat kelas IV SD N 01 Tugu Lor Karanganyar Demak. Disimpulkan dengan menerapkan Model RME berbantuan permainan mamun tebal dapat meningkatkan disposisi matematika peserta didik, keterampilan guru serta prestasi belajar peserta didik pada materi bilangan bulat. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yang akan datang agar dapat memahami Model RME berbantuan permainan mamun tebal sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: pembimbing 1 : EKA ZULIANA,S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Disposisi Matematika, Model Realistic Mathematics Education (RME), Permainan Mamun Tebal, Bilangan Bulat.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 07 Feb 2018 04:30
Last Modified: 07 Feb 2018 04:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7865

Actions (login required)

View Item View Item