PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MEMINDAI MELALUI MODEL DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING SISWA KELAS IV SDN WONOKETINGAL 1 DEMAK

ANISATUN, NUR (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MEMINDAI MELALUI MODEL DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING SISWA KELAS IV SDN WONOKETINGAL 1 DEMAK. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, UMK.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
Hal._Judul.pdf - Accepted Version

Download (510kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
Bab_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
Bab_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
Bab_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
Bab_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
Bab_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
Bab_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (275kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, peningkatan aktivitas belajar siswa, dan peningkatan keterampilan membaca memindai pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran Double Loop Problem Solving. Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang digunakan Negara Indonesia yang menjadi bahasa nasional. Keterampilan membaca bisa dikatakan sebagai alat komunikasi, dengan membaca kita mengetahui isi yang ingin disampaikan penulis. Membaca memindai merupakan kegiatan membaca dengan cepat dan tidak memerlukan waktu yang banyak karena tidak perlu membaca yang tidak perlu dibaca. Double loop problem solving merupakan model pembelajaran untuk memecahkan masalah dengan penekanan pada pencarian kausal (penyebab). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis yang digunakan merupakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model double loop problem solving dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan membaca memindai. Hasil ini dapat terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Keterampilan guru pada pembelajaran Bahasa Indonesia siklus I (70%) dan meningkat pada siklus II (86,6%); (2) Aktivitas Siswa pada ranah afektif juga meningkat antara siklus I (55,6%) dan siklus II (76,3%). Pada ranah psikomotorik dari siklus I (62,2%) menjadi (78,8%) di siklus II; (3) Keterampilan membaca memindai siswa juga meningkat dari prasiklus (42%), siklus I (62,5%), dan siklus II (79,1%). Simpulan dalam penelitian ini yakni penggunaan model double loop problem solving dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan membaca memindai, untuk itu disarankan dalam menerapkan model double loop problem solving guru harus memperhatikan karakteristik siswa dan perkembangan siswa agar tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran. Tujuannya supaya siswa yang belum tuntas KKM menjadi lebih giat belajar, bagi sekolah perlu menindaklanjuti dan memakai model double loop problem solving pada mata pelajaran yang lain dengan memperhatikan karakteristik siswa, materi, dan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: pembimbing 1 :Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Membaca Memindai, Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 07 Feb 2018 05:50
Last Modified: 07 Feb 2018 05:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7866

Actions (login required)

View Item View Item