ARDLIANI , FATMALA (2017) Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn I Mlati Lor Kudus Melalui Model Two Stay Two Stray Berbantu Media Album Pintar. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (halamn judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Download (652kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III_.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (629kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V_.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI_.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka_.pdf - Accepted Version Download (160kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran_.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (18MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan mengajar guru selama proses pembelajaran berlangsung dan mengkaji peningkatan hasil belajar IPS materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan pada siswa kelas V SDN 1 Mlati Lor Kudus setelah diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantu media album pintar. Hasil belajar IPS ini diperoleh siswa setelah mengalami proses pembelajaran dikelas. Hasilnya dapat dilihat dari segi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Model Two Stay Two Stray adalah model pembelajaran dua sebagai tamu dan dua sebagai pemberi informasi. Media album pintar merupakan kumpulan foto yang menarik untuk memudahkan siswa dalam mempelajari IPS materi peristiwa proklamsi kemerdekaan Indonesia. Album pintar ini didalamnya bukan hanya foto-foto saja melainkan ada juga isi atau alur cerita dari foto yang menggambarkan para pahlawan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Tanggart dalam 2 siklus. Tahapan penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Mlati lor dengan jumlah 27 siswa. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model Two Stay Two Stary, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis interaktif untuk data kualitatif. Keterampilan mengajar guru dengan menggunakan model Two Stay Two Stray berbantu media album pintar juga mengalami peningkatan pada siklus I 77,3% (baik) menjadi 83,3% (baik) siklus II. Hasil penelitian terhadap peningkatan hasil belajar IPS aspek kognitif pada siklus I 63% (cukup) dan siklus II 81,48% (baik). Didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa aspek afektif pada siklus I 67,6% (baik) menjadi 85,3% (sangat baik) siklus II. Hasil belajar siswa aspek psikomotorik pada siklus I 60,8% (cukup) menjadi 77,5% (baik) siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 1 Mlati Lor Kudus dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantu media album pintar serta dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Saran yang diberikan adalah siswa yang tidak tuntas sebaiknya belajar lebih giat lagi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr.Sri Utaminingsih,M.Pd |
Kata Kunci: | Kata kunci: Hasil Belajar IPS, Model Two Stay Two Stray, Media Album Pintar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 09:11 |
Last Modified: | 07 Feb 2018 09:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7881 |
Actions (login required)
View Item |