Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melaluimetode Cerita Lisan Berbantuan Media Boneka Tangan Pada Pembelajaran Ips Materi Sejarah Proklamasi Kelas V Sd 02 Kajeksan Kudus

MABRUROH, FATMAWATI FADZILATUL (2017) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melaluimetode Cerita Lisan Berbantuan Media Boneka Tangan Pada Pembelajaran Ips Materi Sejarah Proklamasi Kelas V Sd 02 Kajeksan Kudus. ["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined] thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Preview
PDF (halaman judul)
HAL._JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (629kB) | Preview
[img] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui cerita lisan berbantuan media boneka tangan pada pembelajaran IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia kelas V SD 2 Kajeksan Kudus, (2) peningkatan aktivitas belajar siswa melalui cerita lisan berbantuan media boneka tangan pada pembelajaran IPS materi Sejarah Proklamasi Kelas V SD 2 Kajeksan Kudus. Berpikir kritis merupakan suatu kegiatan melalui cara berpikir tentang ide atau gagasan yang berhubungan dengan konsep yang diberikan atau masalah yang dipaparkan. Strategi pembelajaran ini dilakukan melalui metode cerita lisan yang digunakan untuk menjelaskan materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan bantuan media boneka tangan. Pembelajaran IPS yang dikaji adalah pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia siswa kelas V SD 2 Kajeksan Kudus, (2) peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia siswa kelas V SD 2 Kajeksan Kudus. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas V SD 2 Kajeksan Kudus dengan subjek 36 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian adalah metode cerita lisan. Sedangkan variabel terikat adalah berpikir kritis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode Cerita Lisan Berbantuan Media Boneka Tangan. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 61% dan Siklus II meningkat menjadi 86%, didukung dengan peningkatan aktivitas belajar IPS siswa pada siklus I 61% meningkat menjadi 78% siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Cerita Lisan Berbantuan Media Boneka Tangan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta meningkatkan aktivitas belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada kelas V SD 2 Kajeksan Kudus. Saran yang dapat disampaikan adalah memberikan motivasi kepada siswa supaya lebih giat lagi dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_engd" not defined])
Additional Information: Ika Oktavianti,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Berpikir Kritis, Cerita Lisan, Boneka Tangan, Pembelajaran IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 08 Feb 2018 02:01
Last Modified: 08 Feb 2018 02:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7887

Actions (login required)

View Item View Item